Kaesang Tak Jelaskan Sosok Y yang Disebut Pemilik Jet Pribadi, ICW: Wujud Datang ke KPK Basa-basi
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mendatangi Gedung lama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (17/9/2024). ICW mengatakan Kaesang hanya basa-basi terkait kedatangannya ke KPK untuk mengklarifikasi dugaan gratifikasi jet pribadi. 
17:32
18 September 2024

Kaesang Tak Jelaskan Sosok Y yang Disebut Pemilik Jet Pribadi, ICW: Wujud Datang ke KPK Basa-basi

Peneliti dari Indonesia Corruption Watch (ICW), Egi Primayoga mengungkapkan kedatangan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan klarifikasi terkait dugaan gratifikasi jet pribadi hanyalah basa-basi semata.

Egi mengatakan hal tersebut dibuktikan dari Kaesang yang enggan untuk mengungkap pemilik jet pribadi yang ditumpanginya bersama sang istri, Erina Gudono, ke Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu.

Diketahui, saat Kaesang datang ke Gedung KPK pada Selasa (17/9/2024) kemarin, tidak mengungkap nama pemilik jet pribadi yang ditumpanginya tersebut.

Dia hanya mengatakan bahwa pemilik jet pribadi tersebut adalah rekannya.

Di sisi lain, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan hanya menjelaskan bahwa pemilik jet pribadi tersebut berinisial Y.

Kembali lagi terkait pernyataan Egi yang menganggap kedatangan Kaesang ke KPK hanyalah basa-basi semata, dia menegaskan seharusnya Kaesang sebagai tokoh publik wajib menjelaskan sosok Y yang disebut sebagai pemilik jet pribadi tersebut.

"Yang disampaikan adalah temannya, tapi temannya siapa? Itu kan tidak dijelaskan ke publik."

"Mestinya dia kalau sudah menuntaskan penjelasannya secara hukum, secara etika politik itu juga harus menyampaikan ke publik," tuturnya dalam program Sapa Indonesia Pagi di YouTube Kompas TV seperti dikutip pada Rabu (18/9/2024).

Egi pun meminta agar publik terus mengawasi proses penanganan kasus ini.

"Kita harus tetap mengawasi saja. Kita jangan terbuai saja dengan kedatangan Kaesang ke KPK," tuturnya.

Kaesang Sambangi KPK, Lakukan Klarifikasi Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi

Sebelumnya, Kaesang datang ke Gedung KPK untuk melakukan klarifikasi dugaan gratifikasi jet pribadi yang menjeratnya.

Kaesang datang mengenakan kemeja putih dan celana hitam panjang pada pukul 10.30 WIB.

Sosok yang juga Ketua Umum PSI nampak didampingi Sekjen PSI, Raja Juli Antoni sebelum akhirnya masuk ke dalam ruangan pada pukul 10.40 WIB.

Dia tampak hanya sebentar di dalam gedung KPK, tak sampai satu jam untuk klarifikasi ke KPK

Setelah itu, Kaesang bertemu dengan awak media yang telah menunggu dan mengklaim bahwa  jet pribadi yang digunakannya bersama sang istri, Erina Gudono, merupakan kepunyaan temannya. 

Kaesang dan Erina diketahui menjadi sorotan karena menggunakan jet pribadi saat ke Amerika Serikat (AS) pertengahan Agustus lalu. 

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang menumpang atau bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," sebut Kaesang. 

Namun, Kaesang tidak menerangkan lebih jauh mengenai temannya yang memiliki pesawat jet tersebut. 

Ia meminta awak media untuk bertanya langsung kepada KPK dan kuasa hukumnya mengenai penggunaan jet pribadi tersebut. 

Kaesang hanya menyebut, kehadirannya di Gedung ACLC KPK merupakan inisiatif pribadi.

"Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tetapi inisiatif saya sendiri," ujar Kaesang.

KPK Sebut Jet Pribadi yang Ditumpangi Kaesang Milik Sosok Y

Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Indonesia Joko Widodo, menjawab pertanyaan wartawan saat meninggalkan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta pada 17 September 2024, usai dipanggil KPK guna memberikan klarifikasi terkait penggunaan jet pribadi untuk perjalanan bisnis ke AS. (Photo by BAY ISMOYO / AFP) Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Indonesia Joko Widodo, menjawab pertanyaan wartawan saat meninggalkan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta pada 17 September 2024, usai dipanggil KPK guna memberikan klarifikasi terkait penggunaan jet pribadi untuk perjalanan bisnis ke AS. (Photo by BAY ISMOYO / AFP) (AFP/BAY ISMOYO)

Sementara, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan menyebut pemilik jet pribadi yang ditumpangi Kaesang milik sosok berinisial Y.

Tetapi, Pahala belum bisa memberi tahu kewarganegaraan dari orang berinisial Y ini apakah dia seorang Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA).

"Inisial Y kalau enggak salah depannya. Tapi kita enggak tahu nih, bener enggak nama lengkapnya ini, WNI apa WNA atau apa. Jadi dia bilang pesawat punya siapa, nanti kita konfirmasi lagi," kata Pahala di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

Pahala mengatakan, KPK kemungkinan akan mengklarifikasi Y setelah lembaganya menyelisik laporan Kaesang dalam seminggu ke depan.

Adapun dalam pesawat jet itu ada Kaesang, Erina, kakak Erina, dan seorang staf.

Pahala pun menyatakan KPK juga akan mengonfirmasi kepada Y apakah ia ikut dalam pesawat jet pribadi itu atau tidak.

"Nanti kan kita tanya nih sama temannya yang ditulis kan cuman nebeng teman, nanti kita tanya. Kan beliau bersedia memberikan info tambahan," kata Pahala.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto/Ilham Rian Pratama)

Artikel lain terkait Gaya Hidup Anak dan Menantu Jokowi

Editor: Nuryanti

Tag:  #kaesang #jelaskan #sosok #yang #disebut #pemilik #pribadi #wujud #datang #basa #basi

KOMENTAR