Evaluasi Pelaksanaan PON Aceh-Sumut, Menteri PUPR Gelar Rapat Bareng Menko PMK-Menpora Hari Ini
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Suara.com/Bagas)
15:28
18 September 2024

Evaluasi Pelaksanaan PON Aceh-Sumut, Menteri PUPR Gelar Rapat Bareng Menko PMK-Menpora Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, bersama Menko PMK Muhadjir Effendy pihaknya aka melakukan evaluasi pelaksanaan PON Aceh-Sumut yang ditemukan banyak masalah soal infrastruktur.

"Ya Ini nanti setengah tiga, Pak Menko PMK ngundang untuk evaluasi. Pak Presiden juga di dalam penjelasannya sudah akan mengeluarkan," kata Basuki di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/9/2024).

"Mungkin ini persiapan untuk evaluasi oleh Presiden," sambungnya.

Dia menjelaskan, nantinya dalam evaluasi PON Aceh-Sumut bersama Menko PMK itu akan turut hadir juga sejumlah menteri terkait, salah satunya Menpora Dito Ariotedjo.

Baca Juga: Berapa Gaji Wasit Eko Agus Sugiharto? Terancam Sanksi Berat Usai Laga Aceh vs Sulteng di PON

"Saya kira kalau Pak Menko PMK ngundang rapat untuk evaluasi PON, utamanya Pak Menpora, kemudian mungkin saya, dan lain-lain," ujarnya.

Kendati begitu, Basuki belum tahu apa yang hal yang menjadi evaluasinya bersama Menko PMK nanti.

"Ya, nanti tergantung Pak PMK. Kalau saya, internally, saya sudah mengevaluasi. Semua kan ada berapa, 18 venue yang ada di Aceh, 18 kan," ujarnya.

"Semua sudah oke, kecuali yang kemarin. Ya, kan ada badai besar memang. Kemudian yang di Stadion juga sudah selesai, di Sumut. Besok, Jum'at kan dipenutupkan. Yang jalan-jalan yang tanggung jawab kami juga sudah selesai," sambungnya.

Sebelumnya, bagian atap venue menembak di Lapangan Tembak indorr 10 meter di Aceh, ambruk usai diguyur hujan lebat. Saat kejadian, venue tersebut sudah tidak dipakai untuk pertandingan PON XXI.

Baca Juga: Penampakan Atap Venue Menembak PON 2024 Ambruk karena Tidak Kuat Menahan Hujan

"Saat kejadian tidak ada pertandingan lagi di sana, hanya menjadi tempat persiapan atlet," kata Technical Delegate Menembak K.S. Henry Indrayani Oka, melansir Antara, Selasa (17/9/2024).

Menurut Hendry, pertandingan running target harus ditunda lapangan yang digunakan saluran listriknya terkoneksi dengan lapangan indoor 10 meter.

Panitia sedang berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk memastikan bahwa sambungan listrik ke lapangan running target dipisahkan agar kejadian serupa tidak terulang.

"Kita ingin memastikan seluruh jaringan dan perangkat elektronik serta jaringan listrik aman. Jika semua sudah aman maka akan dilanjutkan," ujarnya.

Pertandingan running target sementara ditunda untuk dilanjutkan siang. Sedangkan sejumlah pertandingan out door dilanjutkan setelah hujan reda.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #evaluasi #pelaksanaan #aceh #sumut #menteri #pupr #gelar #rapat #bareng #menko #menpora #hari

KOMENTAR