Tim Kaesang Bantah Nggak Ada Temannya yang Berinisial Y di Pesawat Jet
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Instagram)
12:08
18 September 2024

Tim Kaesang Bantah Nggak Ada Temannya yang Berinisial Y di Pesawat Jet

Kuasa Hukum Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, Nasrullah, menjelaskan bahwa teman Kaesang merupakan salah satu orang yang ikut naik jet pribadi ke Amerika Serikat.

Hal itu disampaikan Nasrullah untuk membantah kabar bahwa teman Kaesang berinisial Y tidak ikut dalam perjalanan itu.

"Kami sudah sampaikan kemarin semua data dan informasi ke KPK. Misalkan di pesawat itu ada 8 orang penumpang," kata Nasrullah dalam keterangannya, Rabu (13/9/2024).

Nasrullah menjelaskan bahwa empat orang yang sebelumnya disebutkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hanya rombongan Kaesang.

Baca Juga: Kaesang dan Gibran Diprediksi Membungkuk ke Reino Barack, Imbas Jejak Digital soal Syahrini

"Empat orang dari pemilik pesawat dan empat orang dari Mas kaesang. Mereka berangkat bersamaan dari Jakarta ke Amerika," ungkap Nasrullah.

Kemarin, Direktur Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan bahwa putra bungsu Presiden Joko Widodo itu mengaku hanya nebeng temannya yang berinisial Y saat menggunakan jet pribadi ke Amerika Serikat.

“Inisial Y kalau nggak salah depannya, tapi kita nggak tahu nih, bener nggak nama lengkapnya ini, WNI apa WNA atau apa. Jadi dia bilang pesawat punya siapa, nanti kita konfirmasi lagi,” kata Pahala kepada wartawan, Selasa (17/9/2024).

Namun, dalam klarifikasi yang disampaikan Kaesang kepada KPK, hanya ada empat orang yang disebutkan naik jet pribadi tersebut. Mereka ialah Kaesang, istrinya yaitu Erina Gudono, kakak Erina yaitu Nadya Gudono, dan seorang staf.

“Jadi Kaesang, istrinya, kakak istrinya, dan stafnya. Jadi berempat,” ujar Pahala.

Baca Juga: Kader PSI Bangga Kaesang Datangi KPK sampai Sindir Mahfud MD: Kapan Lapor?

Kaesang yang mengaku hanya nebeng itu tidak menyampaikan nama temannya berinisial Y yang memiliki jet pribadi sebagai salah satu orang yang ikut berpergian dengannya saat itu.

Hadir ke KPK

Sebelumnya Kaesang mengeklaim dirinya hadir ke KPK atas inisiatif sendiri untuk melakukan klarifikasi terkait dugaan gratifikasi pada penggunaan jet pribadi.

"Jadi hari ini, kedatangan saya ke KPK, sebagai warga negara yang baik. Saya bukan penyelenggara negara, saya bukan pejabat," kata Kaesang di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

"Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tapi inisiatif saya sendiri," tambah dia.

Menurut Kaesang, hal yang diklarifikasi kepada KPK hari ini berkaitan dengan perjalanannya menggunakan jet pribadi belum lama ini.

Juru Bicara Kaesang, Francine Widjojo menyebut putra bungsu Presiden Joko Widodo itu awalnya berencana naik pesawat komersial ke Amerika Serikat.

“Rencana pakai pesawat komersial. Kebetulan ada temannya yang juga berangkatnya searah di tanggal 18 Agustus. Makanya dia bareng lah mau nebeng," kata Francine.

Sekadar informasi, Kaesang dilaporkan ke KPK atas dugaan gratifikasi oleh Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidillah Badrun terkait penggunaan jet pribadi.

Diketahui, jet pribadi yang ditumpangi Kaesang dan istrinya, Erina Gudono santer dibahas pengguna media sosial. Penggunaan jet pribadi berupa Gulfstream G650ER tersebut awalnya diketahui dari foto jendela yang ditampilkan Erina pada Instagram Story.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #kaesang #bantah #nggak #temannya #yang #berinisial #pesawat

KOMENTAR