Kawal Pulau Dewata, Basarnas Kerahkan 2 Helikopter, Kapal SAR, dan 100 Personel
Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo meninjau langsung latihan personel BNPP untuk mendukung gelaran Bali International Air Show 2024. (Foto: Basarnas)
18:08
17 September 2024

Kawal Pulau Dewata, Basarnas Kerahkan 2 Helikopter, Kapal SAR, dan 100 Personel

- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas memastikan mengerahkan dua unit helikopter untuk mendukung event Bali International Air Show 2024. Tidak hanya itu, Basarnas turut menggerakkan kapal SAR, dan seratus orang personel Basarnas untuk bersiap siaga selama acara tersebut berlangsung di Pulau Dewata.

Sesuai rencana, Bali International Air Show mulai berlangsung pada Rabu (18/9) hingga Sabtu (21/9). Untuk memastikan kesiapan seluruh unsur dan personel Basarnas, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo meninjau langsung latihan dan persiapan yang dilakukan oleh anak buahnya.

”Rangkaian kegiatan ini dalam rangka mendukung event Bali International Air Show, khususnya dari segi keselamatan dan kedaruratan,” terang perwira tinggi bintang tiga TNI AU tersebut pada Selasa (17/9).

Kusworo melihat langsung refresh helly rescue yang dilaksanakan oleh personel Basarnas. Orang nomor satu di Basarnas itu ingin memastikan bahwa semua persiapan benar-benar sudah matang. Bukan hanya personel, seluruh unsur atau alut yang dikerahkan juga dipastikan dalam keadaan siap operasi. Dia ingin semua pihak yang terlibat dalam tugas tersebut menitikberatkan pada aspek keselamatan. ”Ingat, safety first dan zero accident,” kata dia menegaskan.

Untuk memastikan kesiapsiagaan Tim SAR yang bertugas, Basarnas melaksanakan latihan atau refresh helly rescue di hanggar Basarnas, Komplek Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Selasa (17/9). Seluruh personel melaksanakan teknik helly rappeling. Setelah itu, mereka melaksanakan teknik Evakuasi Medis Udara (EMU).

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #kawal #pulau #dewata #basarnas #kerahkan #helikopter #kapal #personel

KOMENTAR