Mungkinkah Pemerintahan Prabowo-Gibran Berbentuk Kabinet Zaken?
Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. (Suara.com/Bagas)
20:44
14 September 2024

Mungkinkah Pemerintahan Prabowo-Gibran Berbentuk Kabinet Zaken?

Suksesi kepemimpinan nasional hanya menunggu waktu kurang lebih sebulan. Hingga saat ini, publik masih penasaran dengan susunan menteri yang akan membantu kepemimpinan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di masa mendatang.

Menurut Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, sampai saat ini ketua umum partai politik parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) belum mengadakan pertemuan untuk membahasnya.

"Belum ada pertemuan-pertemuan khusus itu, belum ada," katanya mengutip Antara, Sabtu (14/9/2024).

Dasco menegaskan bahwa keputusan untuk memilih menteri di Kabinet Pemerintahan Prabowo-Gibran menjadi hak prerogatif Prabowo Subianto sebagai presiden.

Baca Juga: Prabowo Ingin Bangun Zaken Kabinet, PPP: Jangan Salah Arti, di Parpol Juga Banyak Orang Profesional Bisa Jadi Menteri

Ia sendiri meyakini sosok yang akan dipilih Prabowo, merupakan tokoh yang memiliki rekam jejak dan latar belakang yang sesuai dengan kementerian yang akan dipimpin.

"Pada saatnya nanti akan diberitahukan kepada teman-teman ketua umum parpol," kata Dasco.

Kemudian mengenai kabinet zaken yang digaungkan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Dasco mengungkapkan bahwa hal tersebut masih didiskusikan.

Kabinet zaken merujuk pada kabinet yang sepenuhnya diisi orang-orang dari kalangan profesional. Namun, Dasco tidak menutup kemungkinan apabila dalam kabinet zaken tersebut tetap ada orang-orang dari partai politik yang memiliki latar belakang di bidang profesional.

"Profesional tentunya selain dari partai politik dia juga harus memahami bidang kemudian kementerian yang akan dipimpinnya," jelas Dasco.

Baca Juga: Keunggulan Kabinet Zaken Bila Diterapkan Prabowo Subianto di Pemerintahannya Kelak

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #mungkinkah #pemerintahan #prabowo #gibran #berbentuk #kabinet #zaken

KOMENTAR