Pidato Maulid Nabi untuk Anak SMP: Amalan Nabi Muhammad SAW
Pidato maulid nabi untuk anak smp (freepik)
06:24
14 September 2024

Pidato Maulid Nabi untuk Anak SMP: Amalan Nabi Muhammad SAW

Maulid Nabi adalah salah satu hari penting bagi umat Islam, yang dirayakan dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW dan dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan atau acara. Berbagai macam acara atau kegiatan bertemakan Maulid Nabi SAW diselenggarakan, baik di lingkungan sekolah, masjid-masjid, hingga lingkungan masyarakat, seperti di lingkup RT/RW, desa/kelurahan, lainnya. 

Di lingkungan sekolah, biasanya diadakan berbagai macam lomba, seperti lomba pidato atau ceramah. Bagi kamu yang hendak mengikuti lomba pidato, di bawah ini telah disiapkan contoh teks pidato Maulid Nabi untuk anak SMP yang bisa dijadikan referensi. 

Contoh Teks Pidato Maulid Nabi untuk Anak SMP

Berikut ini adalah contoh teks pidato Maulid Nabi untuk anak SMP, dengan tema “Amalan Nabi Muhammad SAW”.

Baca Juga: 2 Contoh Khutbah Jumat Maulid Nabi Bahasa Jawa, Indah dan Penuh Hikmah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh, Alhamdulillahi rabbil alamin, saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan, serta kepada para hadirin yang telah hadir pada kesempatan ini.

Pertama-tama, marilah kita bersama-sama mengucapkan syukur dan puji kepada Allah SWT atas nikmat sehat, iman, dan Islam yang sampai saat ini kita rasakan. Tidak lupa juga ucapan syukur dan terima kasih kita panjatkan pada junjungan kita semua, Nabi Besar Muhammad SAW yang telah menyelamatkan umat Islam sejak Zaman Jahiliyah. 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkan saya untuk menyampaikan pidato tentang Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana yang telah diketahui bersama, bahwa Maulid Nabi merupakan tradisi memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal setiap tahunnya. Peringatan ini adalah suatu bentuk penghormatan dan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW, sebagai sosok yang telah menuntun kita kepada ajaran agama Islam yang benar dan mulia. 

Rasulullah SAW adalah utusan Allah SWT yang terakhir, yang diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia di muka bumi. Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang sempurna dalam segala hal, baik akhlak, moral, maupun kepemimpinan. Itulah mengapa, Nabi Muhammad SAW menjadi suri tauladan terbaik bagi kita semua. 

Kemudian, yang hendak saya sampaikan sebagai pembicara dalam pidato Maulid Nabi pada kesempatan kali ini adalah mengenai amalan yang tidak akan pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad SAW, yang bisa kita ikuti. Amalan apa sajakah itu?

Baca Juga: 6 Doa Maulid Nabi Lengkap: Tulisan Arab, Latin, Artinya

Amalan itu di antaranya adalah Nabi Muhammad SAW tidak pernah melepaskan jabat tangan sebelum sahabat beliau yang melepaskan terlebih dahulu. Kebanyakan dari kita mungkin bertanya-tanya, kenapa bisa begitu? Ternyata, menurut para ulama, berjabat tangan adalah salah satu cara untuk merontokkan dosa atau amalan buruk yang telah kita perbuat kepada seseorang. Maka dari itu, marilah kita semuanya, jangan sampai kita memutus tali silaturahmi atau jabat tangan dalam perayaan Maulid Nabi pada tahun ini.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatian dan kehadiran teman-teman semua. Akhir kata, wabillahi taufiq wal hidayah. Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Itulah contoh pidato Maulid Nabi anak SMP yang bisa dicontoh. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #pidato #maulid #nabi #untuk #anak #amalan #nabi #muhammad

KOMENTAR