Dasco Sebut Susunan Kabinet Prabowo Masih Disimulasikan, H-7 Pelantikan Kemungkinan Final
Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. [Suara.com/Rakha Arlyanto]
18:24
12 September 2024

Dasco Sebut Susunan Kabinet Prabowo Masih Disimulasikan, H-7 Pelantikan Kemungkinan Final

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan susunan kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran kekinian masih disimulasikan. Nantinya semua akan final pada h-7 pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang baru.

Hal itu disampaikan Dasco menanggapi adanya pernyataan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet yang menyebut jika nomenklatur menteri dalam kabinet Prabowo ada 44.

"Jadi begini, soal berapa jumlah sampai dengan sekarang masih kita simulasikan," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

Menurutnya, pembahasan soal menteri yakni untuk mengakomodir janji-janji kampanye dan visi Asta cita.

Baca Juga: Dibongkar Hasyim, Elite Gerindra Sebut "Effort Bersama" soal 4 Alumni Tarnus jadi Menteri Prabowo: Bukan Ekslusivisme

"Bahwa penambahan kementerian itu adalah untuk optimalisasi tugas-tugas kementerian dalam rangka kita itu memenuhi janji kampanye yang kemudian ada di Astacita dan program aksi yang kemarin dilakukan pada saat kampanye," ujarnya.

Untuk itu, menurutnya kekinian banyak yang menyebut jumlah nomenklatur menteri, namun diperkirakan h-7 pelantikan baru final.

"Nah sehingga jumlah itu ada yang bilang 44, ada yang bilang 42, ada yang bilang 40, Kita juga masih melakukan simulasi, mungkin nomenklatur maupun orang itu baru akan final h-7 atau h-5 atau kali mungkin begitu," pungkasnya.

Info Bamsoet

Sebelumnya elite Partai Golkar Bambang Soesatyo alias Bamsoet, mengaku mendengar info obrolan 'warung kopi' jika jumlah menteri pemerintahan Prabowo-Gibran akan ada sebanyak 44.

Baca Juga: Habis Jabatan 20 Oktober, Jokowi Pilih Pulang ke Solo Dibanding Jadi Wantimpres untuk Prabowo?

Hal itu diungkapkan Bamsoet dalam sambutannya saat membuka acara Turnamen Bulutangkis pimpinan DPR dan MPR RI di GOR Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024) kemarin sore.

Awalnya Bamsoet menyapa satu persatu tamu yang hadir diantaranya Politikus PAN Viva Yoga dan Politikus Golkar Nusron Wahid. Bamsoet berkelakar jika ke duanya digadang-gadang akan menjadi menteri Prabowo-Gibran.

"Sekali lagi, selamat kepada pak Nusron calon Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, beliau hendaknya Menteri Perhubungan," kata Bamsoet disambut tawa hadirin.

"Yang saya hormati pak Viva Yoga, ini juga santer disebut-sebut calon menteri. Karena pembicaraan banyak di Warung Kopi. PAN dapat kursi 5 menteri. Salah satunya adalah mas Viva," sambungnya.

Pasalnya, kata dia, dirinya mendengar jumlah kementerian di era Prabowo akan bertambah menjadi 44. Ia pun berharap kerabatnya yang masih menjabat di DPR RI saat ini bisa mendapat kesempatan menjadi menteri.

"Karena nanti, dari 34 menjadi 44. Ya mudah-mudahan, kawan-kawan kita, yang di DPR berkesempatan untuk menjadi eksekutif, sehingga bisa merasakan dimaki-maki kolega sendiri," katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, tak menjawab secara gamblang mengenai hal tersebut. Ia hanya mengatakan, jika hampir mungkin jumlah menteri Prabowo sebanyak 44.

"Jumlah pastinya berapa belum, tapi penambahan iya," kata Zulhas ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

"Ya mungkin sekitar itu (44 kursi)," sambungnya.

Saat dikonfirmasi apakah jatah kursi menteri yang diperoleh PAN sebanyak 5 kursi, Zulhas hanya menjawab secara diplomatis.

"Wah itu terserah presiden lahh itu hak prerogratif bapak presiden ya," pungkasnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #dasco #sebut #susunan #kabinet #prabowo #masih #disimulasikan #pelantikan #kemungkinan #final

KOMENTAR