Bakal Kuatkan Reforma Agraria, Strategi Gibran: Kuncinya Digitalisasi, One Map Policy
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
06:08
22 Januari 2024

Bakal Kuatkan Reforma Agraria, Strategi Gibran: Kuncinya Digitalisasi, One Map Policy

- Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka memastikan akan terus menguatkan dan menyempurnakan reforma agraria di Indonesia. Hal ini diungkapkannya dalam debat cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI)  di JCC Senayan, Jakarta, Minggu, (21/1).    "Sekarang sudah ada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sudah berhasil membagikan sekitar 110 juta sertifikat, dulu sebelum ada program ini hanya bisa membagikan 500 ribu sertifikat. Bayangkan itu butuh berapa tahun untuk menyelesaikan masalah ini," kata Gibran.    Menurut Gibran, saat ini sudah ada program redistribusi tanah, seperti SK HGU dan lain-lain, disimpan di bank tanah, kemudian diredistribusikan ulang untuk para pengusaha lokal, petani lokal, dan lainnya.   

  Selain itu, lanjut dia, juga ada program one map policy yang sangat berguna untuk mengurangi konflik-konflik sengketa tanah, mafia tanah dan lainnya. Karena data base sudah digital, dan batas-batas tanahnya sudah tercatat jelas, hal itu dinilainya akan mengurangi para mafia tanah.    "Sekali lagi reforma agraria akan kita lanjutkan, dan kita kuatkan. Kemarin saya di Solo sempat  mendapatkan predikat kota lengkap dari BPN. Garis-garis batas, tanah-tanah wilayah sudah ter-capture semua sehingga nanti mengurangi konflik tanah dan mafia tanah. Kuncinya di sini adalah digitalisasi, one map policy, ini sangat penting sekali bagaimana kita dapat menyelesaikan konflik agraria ke depan," jelas Gibran.

Editor: Kuswandi

Tag:  #bakal #kuatkan #reforma #agraria #strategi #gibran #kuncinya #digitalisasi #policy

KOMENTAR