Penutup Debat Paling Manis dari Mahfud MD, Sumbang Suara Lagu Ebiet G Ade
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD [YouTube]
00:00
22 Januari 2024

Penutup Debat Paling Manis dari Mahfud MD, Sumbang Suara Lagu Ebiet G Ade

Debat keempat yang menampilkan tiga cawapres di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Minggu (21/1/2024) malam. Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD menutup debat dengan menyanyikan lagu Ebiet G Ade.

Sebelum menyanyikan lagu Ebiet G Ade, Mahfud terlebih dahulu menjelaskan persoalan hukum yang tumpul.

"Tadi saya bilang bahwa masalah-masalah yang di kita perdebatkan sangat penting untuk masa depan bangsa. Masalah utamanya adalah pedang hukum kita tumpul," ujarnya.

Ia melanjutkan, bila hukum tidak tumpul maka program-program pembangunan akan berjalan dengan baik. Ia kemudian menyampaikan permintaan maaf kepada kaum ibu serta anak cucu.

"Mas Ganjar dan saya minta maaf kepada para ibu dan anak cucu yang telah ikut terlibat atau tanpa bisa berbuat apa-apa, ketika terjadi perusakan alam yang ibu dan para cucu itu huni."

Kemudian, Mahfud membacakan ayat Alquran yang menjelaskan mengenai kerusakan alam dan juga membacakan lirik lagu Berita Kepada Kawan karya Ebiet G Ade.

"Kalau terjadi kerusakan di darat di lautan dan terkait ini saya teringat lagu Ebiet G Ade," ucapnya.

Selanjutnya Mahfud menyanyikan beberapa bait lirik lagu tersebut.

/Barangkali di sana ada jawabnya/
/Mengapa di tanahku terjadi bencana/
/Mungkin Tuhan mulai bosan melihat tingkah kita/
/Yang selalu salah dan bangga dengan dosa-dosa/

Mahfud kemudian menyampaikan janji akan mengembalikan hak rakyat secara bertahap dan akan menagih dunia internasional.

"Kami berjanji bahwa kami akan kembalikan secara bertahap hak rakyat. Dan untuk ibu-ibu dan para anak cucu, kita akan tagih dunia internasional untuk membayar utang-utang yang telah merusak pembangunan," ujarnya.

Debat Keempat Pilpres 2024

Debat keempat Pilpres 2024 digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024) mulai pukul 19.00 WIB. Dalam debat ini kembali mempertemukan tiga cawapres, yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Tema yang diangkat dalam debat yakni pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Berbeda dari sebelumnya, debat kali ini akan dikawal oleh dua moderator perempuan yakni Retno Pinasti dari SCTV dan Zilvia Iskandar dari Metro TV. Tayangan debat berlangsung selama 120 menit dibagi dalam enam segmen yang sudah disusun untuk debat.

Sebelum digelarnya debat, 11 panelis sudah diputuskan untuk merumuskan pertanyaan yang bakal dipilih secara acak untuk dijawab oleh Cak Imin, Gibran dan Mahfud MD.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #penutup #debat #paling #manis #dari #mahfud #sumbang #suara #lagu #ebiet

KOMENTAR