Survei PSG Sebelum Pram-Rano Muncul: Ridwan Kamil Paling Banyak Disuka Warga Jakarta
Bakal Cagub Jakarta Ridwan Kamil yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. [Suara.com/Fakhri]
16:44
7 September 2024

Survei PSG Sebelum Pram-Rano Muncul: Ridwan Kamil Paling Banyak Disuka Warga Jakarta

Political Strategy Group (PSG) merilis hasil survei terbarunya soal tingkat kesukaan publik terhadap figur yang maju di Pilgub Jakarta 2024. Hasilnya nama Ridwan Kamil paling banyak disukai warga Jakarta.

Namun survei ini hanya memotret sebelum pendaftaran Pilgub Jakarta dibuka. Ridwan Kamil meraup angka sebesar 78 persen untuk tingkat kesukaan.

"Di sini tingkat suka (terhadap) Ridwan Kamil paling tinggi di atas Anies dan Ahok," kata Kepala Peneliti PSG Ahsan Ridhoi saat paparkan hasil surveinya di Ashley Hotel, Jalan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (7/9/2024).

Ahsan mengatakan adanya hasil survei tersebut menjadi modal bagi RK bertarung di Pilgub Jakarta. Namun memang hal tersebut masih harus dibuktikan.

Baca Juga: Kunjungan Ridwan Kamil Di Jatinegara Sempat Ditolak Warga, Rano Karno: Insyaallah Kalau Gue Nggak Ditolak

Kendati begitu, kata dia, saat survei lain ditanyakan soal siapa yang akan dipilih antara RK, Anies Baswedan dan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok jika Pilgub Jakarta digelar hari ini, justru responden tak banyak yang memilih RK.

"Seandainya pemilihan langsung Gubernur Daerah Khusus Jakarta dilaksanakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih diantara nama-nama berikut? Jawabannya Anies 52 persen, Ridwan Kamil 37 persen dan 11 persen tidak menjawab," kata Ahsan.

Ahsan menuturkan, setiap kontestan yang bertarung di Pilgub Jakarta 2024 harus pintar mengambil ceruk suara Anies yang memang harus diakui masih tinggi.

"Ini cerug pemilihnya yang besar. Siapa yang akan menang di Jakarta akan dipengaruhi oleh bagaimana preferensi politik Anies Baswedan," pungkasnya.

Political Strategy Group (PSG) merilis hasil survei terbarunya soal tingkat kesukaan publik terhadap figur yang maju di Pilgub Jakarta 2024. (Suara.com/Bagaskara)Political Strategy Group (PSG) merilis hasil survei terbarunya soal tingkat kesukaan publik terhadap figur yang maju di Pilgub Jakarta 2024. (Suara.com/Bagaskara)

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada 6 hingga 15 Agustus 2024 di Jakarta. Dengan jumlah sampel sebanyak 1.540 responden melalui teknik multistage random sampling) dan margin of error kurang lebih 2,7 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Baca Juga: Temui Anak Muda, Bacagub Jakarta Pramono Anung: Pacaran Boleh, yang Nggak Boleh Itu Narkoba

Diketahui, kekinian ada tiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan bertarung di Pilkada Jakarta 2024.

Pertama pasangan Pramono Anung-Rano Karno yang diusung PDIP dan Partai Hanura.

Kedua pasangan Ridwan Kamil dan Suswono. Pasangan ini diusung 13 partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Ketiga calon independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #survei #sebelum #pram #rano #muncul #ridwan #kamil #paling #banyak #disuka #warga #jakarta

KOMENTAR