Kutip Surat Ar Rum 30, Mahfud MD: Laut Kita Berlimbah, Udara Kita Meracuni
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. [Tangkapan layar akun YouTube]
21:00
21 Januari 2024

Kutip Surat Ar Rum 30, Mahfud MD: Laut Kita Berlimbah, Udara Kita Meracuni

Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menyinggung sumber daya alam (SDA) Indonesia yang kaya tapi tak bisa dikelola dengan baik. Justru kekinian menurutnya lingkungan telah rusak.

Hal itu disampaikan Mahfud dalam penyampaian visi misinya di dalam Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

"Laut kita, berlimbah udara kita, meracuni kita, investor masuk industrialisasi terjadi lingkungan rusak rakyat menderita," kata Mahfud.

Ia menilai juga sumber daya alam telah menjadi sumber sengketa.

"Kemudian sumber daya alam menjadi sumber sengketa diantara rakyat dengan rakyat antara pemerintah dengan pemerintah," katanya.

Mahfud MD lantas mengutip ayat dalam Alquran surah Ar Rum ayat 30 yang isinya menyinggung kerusakan lingkungan yang dilakukan manusia.

"Telah terjadi kerusakan di bumi karena tingkah laku manusia di darat dan di laut ini ditunjukkan oleh Allah agar manusia sadar bahwa mereka telah merusak alam di negaranya yang dikuasai seharusnya oleh bangsanya," ujarnya.

Ia kemudian menyampaikan, dalam mengatasi masalah ini hanya ada dua hal.

"Saudara saya katakan ini tidak mudah tapi hanya ada dua komitmen dan keberanian," katanya.

Debat Keempat Pilpres 2024

Debat keempat Pilpres 2024 digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024) mulai pukul 19.00 WIB. Dalam debat ini kembali mempertemukan tiga cawapres, yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Tema yang diangkat dalam debat yakni pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Berbeda dari sebelumnya, debat kali ini akan dikawal oleh dua moderator perempuan yakni Retno Pinasti dari SCTV dan Zilvia Iskandar dari Metro TV. Tayangan debat berlangsung selama 120 menit dibagi dalam enam segmen yang sudah disusun untuk debat.

Sebelum digelarnya debat, 11 panelis sudah diputuskan untuk merumuskan pertanyaan yang bakal dipilih secara acak untuk dijawab oleh Cak Imin, Gibran dan Mahfud MD.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #kutip #surat #mahfud #laut #kita #berlimbah #udara #kita #meracuni

KOMENTAR