Mengapa Mengemil Tak Selalu Buruk? Tips Pilih Camilan Sehat dari Ahli Gizi
Ilustrasi Ngemil di Kantor. [freepik.com/freepik]
14:17
20 Agustus 2024

Mengapa Mengemil Tak Selalu Buruk? Tips Pilih Camilan Sehat dari Ahli Gizi

Mengemil sering dianggap sebagai kebiasaan yang tidak sehat, terutama banyak orang cenderung memilih makanan melalui banyak proses pengolahan dan biasanya tinggi gula, garam, dan lemak.

Namun, menurut Vania, seorang ahli gizi lulusan Universitas Indonesia, camilan bisa memberikan manfaat jika dikonsumsi dengan bijak dan memilih makanan yang tepat, seperti camilan yang berasal dari whole food atau makanan yang tidak mengalami banyak proses pengolahan.

Vania menjelaskan bahwa pilihan camilan sehat, seperti buah-buahan segar, sayuran mentah, kacang-kacangan, dan yogurt rendah gula, dapat membantu menambah asupan nutrisi.

"Misalnya, buah apel menjadi pengganti snacking yang sangat baik karena mengandung nutrisi dan flavonoid, yang dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk diabetes dan kanker," katanya melansir Antara, Selasa (20/8/2024).

Sayangnya, kebiasaan ngemil sering kali identik dengan makanan-makanan processed food yang sudah melalui banyak proses pengolahan, seperti gorengan, yang tinggi akan gula, garam, dan lemak.

Vania juga menyoroti lima alasan utama mengapa orang cenderung memilih camilan tidak sehat, yaitu karena mudah ditemukan, rasanya enak, murah, membuat ketagihan, dan dianggap sebagai hal yang menyenangkan.

"Makanan tinggi garam, gula, lemak itu, seharian kita kan ada ada batasan jumlah konsumsinya. Makanan-makanan ini biasanya kalau kita mulai perhatiin nutrisinya atau tahu cara masaknya kaya gimana, kita akan tahu juga kalau dikonsumsi sedikit aja tuh tidak kenyang tapi tinggi jumlah garam, gula, lemaknya," ujarnya.

Meski begitu, Vania menegaskan bahwa ngemil sebenarnya bisa menjadi kebiasaan yang baik, asalkan kita memilih camilan yang sehat.

Dengan demikian, ngemil tidak hanya memuaskan keinginan makan di antara waktu makan utama, tetapi juga bisa mendukung kesehatan.

Editor: Suhardiman

Tag:  #mengapa #mengemil #selalu #buruk #tips #pilih #camilan #sehat #dari #ahli #gizi

KOMENTAR