Berapa Umur Jessica Wongso? Bebas Bersyarat Setelah 8 Tahun di Penjara
Jessica Wongso dan sang pengacara (Instagram/@hotmanparisofficial)
11:46
18 Agustus 2024

Berapa Umur Jessica Wongso? Bebas Bersyarat Setelah 8 Tahun di Penjara

Terpidana kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan kopi sianida, Jessica Wongso bebas bersyarat. Dia resmi keluar dari Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur Minggu (18/8/2024).

Jessica Wongso bebas lebih cepat daripada vonis yang dijatuhkan, yakni 20 tahun. Dia mendapatkan remisi 58 bulan 30 hari.

Kepala Kelompok Kerja Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Deddy Eduar Eka Saputra mengatakan, Jessica berkelakuan baik selama di lembaga permasyarakatan (lapas).

Selanjutnya, Jessica harus melakukan wajib lapor selama menjalani bebas bersyarat sampai Maret 2032.

Baca Juga: Senyum Semringah Jessica Wongso Terpancar usai Bebas Bersyarat, Dijemput Naik si Mobil Bandel

Nama Jessica Wongso kembali viral pada Tahun 2023, setelah kasus kopi sianida diangkat menjadi film series dokumenter dengan judul 'Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso'. Warganet pun beramai-ramai mengulas lagi kasus tersebut.

Kini, setahun setelah film tersebut viral, Jessica Wongso bebas bersyarat. Berapakah umur Jessica Wongso sekarang setelah 8 tahun menjalani masa tahanan.

Profil Jessica Wongso

Pemilik nama Jessica Kumala Wongso tersebut lahir pada 9 Oktober 1988. Artinya, dua bulan lagi dia genap berusia 36 tahun.

Saat terjerat kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, usia Jessica Wongso saat itu masih 27 tahun.

Baca Juga: Ekspresi Wajah Jessica Wongso Saat Keluar Lapas Pondok Bambu, Lempar Senyum Tapi Tak Bicara

Dia merupakan putri bungsi dari pasangan Winardi Wongso dan Imelda Wongso, pengusaha onderdil sepeda di Jakarta. Sebelum masuk penjara, Jessica dikenal sebagai perancang grafis.

Wanita kelahiran Jakarta tersebut tercatat pernah bersekolah di Jubilee School Jakarta. Kemudian melanjutnya pendidika perguruan tinggi di Billy Blue College of Design di Sydney, Australia. Wayan Mirna Salihin merupakan temannya saat berkuliah di Australia.

Perjalanan kasus

Kasus yang menjerat Jessica Wongso terjadi pada 6 Januari 2016. Kejadian bermula saat dia bersama sejumlah temannya, termasuk Wayan Mirna Salihin janjian di Kafe Olivier Grand Indonesia (GI).

Jessica Wongso yang datang lebih dulu ke kafe tersebut kemudian memesan tempat dan keluar lagi. Tak berselang lama, dia kembali lagi dan memesan es kopi Vietnam plus dua koktail.

Dia kemudian duduk ke tempat yang telah dipesan sembaru menunggu teman-temannya. Tidak berselang lama, pelayan mengantarkan minuman pesanan Jessica. Dua temannya, Mirna Salihin dan Hani kemudian datang.

Mirna meminum es kopi vietnam yang telah dipesan Jessica lebih dulu. Sempat mengeluhkan rasa minuman yang tidak enak, Mirna lalu kejang tak sadarkan diri. Keluar buih putih dari mulutnya.

Panik dengan situasi tersebut, Mirna dibawa ke klinik di mall, sebelum akhirnya oleh suaminya, Arief Soemarko dibawa ke Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo. Namun, nyawanya tidak tertolong.

Merasa ada yang janggal, ayah Mirna, Edi Dharmawan Salihin melaporkan kematian anaknya ke Polsek Metro Tanah Abang. Kepolisian melakukan penyelidikan atas kasus tersebut.

Jenazah Mirna di autopsi Tim kedokteran Polda Metro Jaya bersama Tim Forensik Mabes Polri tiga hari berselang. Hasil autopsi pada sampel empedu, hati dan lambung disimpulkan terdapat kandungan racun sianida seberat 3,75 miligram di lambung Mirna.

Jessica Wongso ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya. Dia lalu divonis 20 tahun penjara atas pelanggaran Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana pada 27 Oktober 2016.

Pada Juni 2017 dan Desember 2018, Jessica mengajukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA). Namun, dua upaya tersebut ditolak MA.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #berapa #umur #jessica #wongso #bebas #bersyarat #setelah #tahun #penjara

KOMENTAR