9 Artis Ini Pernah Jadi Anggota Paskibraka, Ada yang Bertugas di Istana Merdeka
Deva Mahenra (instagram/mdpictures_official)
18:13
17 Agustus 2024

9 Artis Ini Pernah Jadi Anggota Paskibraka, Ada yang Bertugas di Istana Merdeka

Ada sederet artis Tanah Air yang pernah terpilih dan bertugas menjadi anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka). Hal ini tentu menjadi kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi mereka.

Apalagi seleksi ketat juga dilakukan setiap pemilihan anggota Paskibraka untuk Upacara Kemerdekaan RI pada 17 Agustus setiap tahunnya. Siapa saja mereka? Simak penjelasan berikut ini.

1. Pasha Ungu

Pasha Ungu (Instagram/@pashaungu_vm)Pasha Ungu (Instagram/@pashaungu_vm)

Pasha Ungu pernah menjadi anggota Paskibra pada tahun 1995 ketika duduk di bangku SMA. Ketika itu dia menjadi anggota Paskibra di Provinsi Sulawesi Tengah. Peristiwa itu bisa disebut momen spesial karena bertepatan dengan ulang tahun emas 50 tahun Indonesia merdeka.

2. Dessy Ratnasari

Desy Ratnasari saat ditemui di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, Senin (27/11/2023). [Suara.com/Tiara Rosana]Desy Ratnasari saat ditemui di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, Senin (27/11/2023). [Suara.com/Tiara Rosana]

Dessy Ratnasari juga pernah menjadi anggota Paskibra di Provinsi Jawa Barat tahun 1987. Dia bahkan dipercaya jadi pembawa baki ketika upacara HUT RI.

Baca Juga: Deretan Artis yang Lahir pada 17 Agustus, Rayakan Ulang Tahun di Hari Kemerdekaan Indonesia

3. Fero Walandouw

Fero Walandouw (Instagram/@fero_walandouw)Fero Walandouw (Instagram/@fero_walandouw)

Fero Walandouw sempat menjadi anggota Paskibra untuk Provinsi Sulawesi Utara pada tahun 2006 lalu. Momen itu terjadi ketika Fero duduk di bangku SMA.

4. Marcelino Lefrandt

Marcelino Lefrandt. (Ismail/Suara.com)Marcelino Lefrandt. (Ismail/Suara.com)

Marcelino Lefrandt pernah menjadi anggota Paskibra tingkat Provinsi di Sulawesi Utara. Ketika itu dia bertugas sebagai Komandan Pemimpin Pasukan saat Upacara HUT RI.

5. Joko Anwar

Joko Anwar [Suara.com/Herwanto]Joko Anwar [Suara.com/Herwanto]

Sutradara kondang Joko Anwar ternyata pernah menjadi anggota paskibraka di Istana Negara pada tahun 1991 mewakili provinsi Sumatera Utara. Hal ini terungkap saat Joko Anwar membagikan foto di X ketika sedang bertugas di Istana Negara.

6. Deva Mahenra

Deva Mahenra (instagram/mdpictures_official)Deva Mahenra (instagram/mdpictures_official)

Deva Mahenra juga sempat jadi anggota Paskibraka di Istana Merdeka dalam upacara HUT RI. Ketika itu dia mendapat kepercayaan sebagai Komandan Peleton Pasukan 45. Diketahui, Pasukan 45 merupakan pasukan yang membawa senapan sebagai pasukan pengawal/pengaman kehormatan dengan fungsi simbolis. Ketika itu Deva mewakili Kabupaten Timika dan dihadiahi uang oleh Bupati sebesar Rp5 juta.

7. Hengky Kurniawan

Hengky Kurniawan Chova (Instagram)Hengky Kurniawan Chova (Instagram)

Hengky Kurniawan juga sempat jadi anggota Paskibraka di Istana Negara pada tahun 1999 silam. Ketika itu Hengky bertugas di Istana Negara di masa kepemimpinan presiden BJ Habibie.

Baca Juga: Puan Sempat Bahas Isu Perempuan, Meutya Hafid Ungkit Paskibraka yang Tak Boleh Pakai Hijab

8. Ayu Diah Pasha

Ayu Dyah Pasha ogah diet asal-asalan karena bikin otak bolot. (Suara.com/Dini Afrianti)Ayu Dyah Pasha ogah diet asal-asalan karena bikin otak bolot. (Suara.com/Dini Afrianti)

Ayu Diah Pasha juga pernah menjadi anggota Paskibraka pada 1980-an. Dia bertugas menjadi anggota Paskibraka di Istana Merdeka bersama perwakilan dari provinsi lainnya usai menjalani latihan ketat.

9. Hana Saraswati

Hana Saraswati. [Instagram]Hana Saraswati. [Instagram]

Sebelum terjun ke dunia hiburan, Hana Saraswati pernah jadi anggota Paskibraka 17 Agustus 2014 tingkat provinsi Jakarta. Namun baru-baru ini video Hana mengungkap penyesalan jadi paskibraka viral di media sosial.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #artis #pernah #jadi #anggota #paskibraka #yang #bertugas #istana #merdeka

KOMENTAR