Waspada! Ini Daftar Wilayah di Indonesia yang Rawan Terkena Gempa Megathrust
Waspada! Ini Daftar Wilayah di Indonesia yang Rawan Terkena Gempa Megathrust (pexels)
16:38
15 Agustus 2024

Waspada! Ini Daftar Wilayah di Indonesia yang Rawan Terkena Gempa Megathrust

Gempa Bumi berskala besar diperkirakan akan terjadi di Indonesia. Hal ini sudah diprediksi oleh BMKG, dan bahkan dinyatakan hanya tinggal menunggu waktu saja. Namun sebenarnya adakah daftar daerah yang terkena gempa megathrust ini?

Gempa megathrust sendiri merupakan jenis gempa yang ukurannya di atas 9 skala Richter. Gempa ini demikian hebat hingga dapat memicu kerusakan yang besar, dan berpotensi mendatangkan tsunami. Tentu penting untuk mengetahui daerah mana saja yang diperkirakan akan terdampak secara langsung.

Daftar Daerah yang Kemungkinan Terdampak

Gempa sendiri diperkirakan akan terjadi di area Selat Sunda dan area Mentawai-Siberut. Maka daerah yang terdampak juga tidak akan terlalu jauh dari wilayah perkiraan pusat gempa tersebut. Secara singkat berikut prediksi dari BMKG terkait daerah yang kemungkinan akan terdampak.

Pesisir Barat Sumatera, daerah ini akan merasakan gempa hingga skala 8,9 SR, dan tsunami dengan ketinggian puluhan meter. Area seperti Banda Aceh, Meulaboh, Medan, Sibolga, Nias, Padang, Pariaman, Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Mukomuko, Enggano, Bandar Lampung, Kalianda, pesisir Lampung dan beberapa kota pesisir lain akan jadi area yang terdampak

Baca Juga: Diprediksi Bakal Terjadi di Indonesia, Apa Itu Gempa Megathrust?

  • Pesisir Selatan Jawa, seperti misalnya Anyer, Carita, Pandeglang, Pelabuhan Batu, Pangandaran, Cilacap, Yogyakarta, Bantul, Kulon Progo, Kebumen, Purworejo, Cilacap, Pacitan, Trenggalek, Banyuwangi, dan sekitarnya
  • Nusa Tenggara, seperti misalnya Mataram, Lombok, Sumbawa, Kupang, Flores, Sumba, dan berbagai area sekitarnya
  • Sulawesi Utara, mulai dari Bitung, Manado, Bolaang Mongondow, dan sekitarnya
  • Maluku, seperti Ambon, Ternate, Kepulauan Banda, dan sekitarnya

Dampak Gempa dan Tsunami

Seperti disebutkan di bagian awal tadi, bahwa gempa megathrust ini tidak hanya akan ‘datang’ dengan goncangan tanah saja, namun juga berpotensi tinggi hadir bersama tsunami. Sebab gempa dipicu aktivitas tektonik di lempeng benua yang mengalami tumbukan dan kemudian muncul patahan di bawah laut.

Pada skala besar, patahan ini memicu efek gerakan air yang masif sehingga tsunami muncul dan bisa mencapai daratan. Meski dari data yang telah tercatat tsunami yang mencapai daratan tidak berukuran puluhan meter, namun gelombang awal tsunami dan puncaknya dapat mencapai ukuran seperti ini.

Dampak dan kerusakannya demikian hebat sehingga mitigasi yang disiplin perlu dilakukan untuk mengurangi kerugian harta, benda, dan potensi tingginya korban jiwa.

Itu tadi sekilas tentang daftar daerah yang terkena gempa megathrust dan potensi tsunami yang hadir. Semoga artikel singkat ini dapat memberikan informasi yang berguna, dan selalu ikuti perkembangan terbaru dari badan terkait seperti BMKG dan pemerintah daerah.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Baca Juga: Gempa Megathrust: Benarkah Indonesia Siap Hadapi?

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #waspada #daftar #wilayah #indonesia #yang #rawan #terkena #gempa #megathrust

KOMENTAR