Segini Biaya PPDS Anestesi Undip: Disetop Kemenkes Buntut Kasus Bunuh Diri Dokter Muda
Dokter muda Undip diduga bunuh diri usai menjadi korban bullying (X)
13:50
15 Agustus 2024

Segini Biaya PPDS Anestesi Undip: Disetop Kemenkes Buntut Kasus Bunuh Diri Dokter Muda

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi memberhentikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah. Keputusan ini diambil setelah seorang dokter muda PPDS Anestesi Undip bunuh diri.

Mahasiswi bernama Aulia Risma Lestari itu diduga menjadi korban bullying saat menjalani PPDS Anestesi di RS Kariadi Semarang. Korban ditemukan sudah tidak bernyama di kamar kosnya.

Selain itu, ditemukan pula buku harian korban yang mengungkap rasa depresinya karena mengalami perundungan. Korban juga sempat menulis perasaan sudah tidak kuat lagi dalam menjalani PPDS Anestesi.

Tindakan tegas Kemenkes menutup prodi anestesi Undip dilakukan secara sementara. Hal ini dilakukan untuk menyelidiki kasus dugaan perundungan yang dilakukan senior kepada Aulia Risma Lestari.

Baca Juga: Rektor Undip Bantah Aulia Risma Jadi Korban Bullying: Almarhumah Punya Masalah Kesehatan

Terlebih kasus bullying di lingkungan PPDS Anestesi Undip juga diperparah dengan beban kerja yang berat di RS Kariadi. Dugaan-dugaan ini tersebar di media sosial. Mulai dari jam kerja mahasiswa PPDS dari pukul 06.00 WIB hingga 00.00 WIB, atau 18 jam per hari.

Curhatan mahasiswa PPDS Anestesi Undip soal beban kerja di RS Kariadi (X)Curhatan mahasiswa PPDS Anestesi Undip soal beban kerja di RS Kariadi (X)

Mengenai kasus di atas, berikut ini adalah rincian biaya PPDS Anestesi Undip yang sekarang ditutup Kemenkes. Mulai dari uang SPP per semester sampai iuran pengembangan institusi atau IPI.

Rincian biaya PPDS Anestesiologi Undip terakhir diketahui dari Keputusan Rektor Universitas Diponegoro Nomor 60/UN7.A/HK/VII/2024 Tentang Penetapan Besaran Tarif Biaya Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Tahun Akademik 2024/2025.

Dalam surat keputusan itu, spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif di Undip mematuk tarif SPP Rp15 juta per semester. Sedangkan biaya IPI yang harus dibayarkan mahasiswa sebesar Rp25 juta. Adapun uang IPI itu hanya dibayar satu kali oleh mahasiswa.

Biaya PPDS Anestesi di Universitas Diponegoro (pmb.undip.ac.id)Biaya PPDS Anestesi di Universitas Diponegoro (pmb.undip.ac.id)

Sementara itu, biaya pendaftaran calon mahasiswa PPDS Undip adalah sebesar Rp1,5 juta. Calon mahasiswa juga wajib membayar biaya tes psikologi sebesar Rp350 ribu.

Baca Juga: Dua Institusi Ini Diminta Perbaiki Sistem PPDS, Buntut Kasus Dokter Muda Undip Bunuh Diri

Tak cuma tes psikologi, calon mahasiswa PPDS wajib mengikuti tes psikiatri dengan membayar biaya senilai Rp265 ribu.

Adapun pembayaran pendaftaran calon mahasiswa PPDS Undip bisa dilakukan jika berkas administrasi dipastikan lolos. Hal ini sesuai yang tertera dalam laman resmi pmb.undip.ac.id.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #segini #biaya #ppds #anestesi #undip #disetop #kemenkes #buntut #kasus #bunuh #diri #dokter #muda

KOMENTAR