Menikah Tahun Ini, Simak Tren Pernikahan Terbaru: Pilih Simple Atau Unik?
Tren Gaun Pengantin (Dok. Istimewa)
10:52
13 Agustus 2024

Menikah Tahun Ini, Simak Tren Pernikahan Terbaru: Pilih Simple Atau Unik?

Tren pernikahan terus berkembang, menjadi hal yang selalu ingin diwujudkan setiap pasangan yang bakal menikah. Ini dipengaruhi oleh berbagai hal, di antaranya adalah budaya, gaya hidup, perkembangan mode, hingga preferensi pasangan yang telah menikah. 

Dijelaskan Garry, seorang Wedding Stylist & Conceptor The Bride's Journal, tren dekorasi untuk pernikahan tahun ini tidak begitu spesifik pada bentuk bangunan, tetapi lebih fokus pada penataan lampu. 

"Tahun ini fokusnya di warna-warna lighting dan warna bunga. Lebih banyak banget klien yang ambil kayak warna ungu ke biruan. Ini tren dari tahun lalu sampai sekarang masih banyak dan mungkin kalau tahun depan trennya mungkin lebih ke warna terang," jelas dia saat ditemui dalam gelaran Avec Amour Wedding Showcase, di Le Meridien Jakarta beberapa waktu lalu.

Tren dekorasi pernikahan, lanjut Garry biasanya mengacu dari negara Italia dan Arab yang biasanya heboh yang sesuai dengan rata-rata konsep orang Indonesia yang lebih suka dengan acara yang meriah.

Baca Juga: Ulasan Webtoon 'Simulasi Pernikahan', Realita yang Bikin Pasangan Ogah Nikah

Selain dekorasi, untuk urusan gaun dan aksesori Windy Savosa, seorang Fashion Designer mengatakan jika model klasik masih menjadi favorit sepanjang masa. 

"Tren gaun pernikahan dari masa ke masa selalu kembali. Misalnya, dulu gaun Grace Kelly, sampai sekarang banyak orang yang masih suka. Jadi, cuma kita recovery model lagi, divariasiin lagi dengan kombinasi-kombinasi dengan bahan yang lebih bagus dan detail yang lebih rumit. Lebih banyak pakai beads dan crystal yang banyak," ucap dia.

Tahun ini, kata Windy, banyak pula mempelai wanita memilih model yang simpel dan elegan yang terlihat dari model yang tidak terlalu rumit, tapi dengan pemakaian bahan yang tetap berkualitas, fitting dan cutting yang sempurna yang bergaya unik.

Sementara itu, Anita Pangestan, Founder & CEO Noma & Co. menyebutkan tren aksesori pengantin terbagi menjadi tiga aliran. Pertama, aliran klasik yang memang dari dulu sampai sekarang selalu begitu. Contohnya, pakai mahkota, anting dan kalungnya diamond atau jewelry asli. 

Kedua, lanjut dia adalah aliran yang belakangan ini banyak disukai dan umumnya gen Z di mana mereka lebih suka yang simple dan minimalis. Nah, aliran ketiga adalah mereka yang lebih menyukai aksesori unik, bahkan cenderung nyeleneh. 

Baca Juga: Dibintangi Morgan Oey, Film Pernikahan Arwah Angkat Budaya Mistis Tionghoa

"Contohnya, dulu Noma yang mempopulerkan kipas. Jadi, kalau dalam tradisi Sangjit itu biasanya pengantin wanita bawa kipas, nah kipas itu yang dimodifikasi. Jadi, ada lampunya, kipasnya, dan lain sebagainya. Atau bentuk hiasan rambutnya itu kayak gagang pintu atau yang banyak rantainya. Jadi itu suatu tren yang mungkin kata orang gayanya agak eksperimental, tapi sekarang banyak peminatnya," kata Anita.

Memahami semua kebutuhan pasangan untuk mewujudkan pernikahan impian mereka, Hotel bintang 5 di Jakarta, Le Meridien Jakarta baru saja menggelar Avec Amour Wedding Showcase, pada 10-11 Agustus di Sasono Mulyo Ballroom. 

Avec Amour Wedding Showcase menampilkan lebih dari 30 vendor wedding ternama, termasuk nama-nama besar seperti Windy Savosa Couture, Fero Yu, SAS Design, The Bride Journal, Serenity Entertainment, Amazing Decoration, Lumitron Wedding, NOMA, Mosaica Pictures, dan banyak lainnya. 

Para pengunjung memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para profesional ini dan mengeksplorasi berbagai pilihan untuk mewujudkan hari bahagia mereka.

Menghadirkan tema dekorasi “Le Bon Jardin,” yang berarti “the right garden,” acara ini akan menawarkan pengalaman imersif dengan suasana taman khas Perancis. 

Konsep ini dihadirkan oleh The Bride Journal, yang berkolaborasi dengan Le Meridien Jakarta untuk menciptakan lanskap yang elegan dan memukau, memberikan kesan yang mempesona dan berkelas bagi setiap pasangan yang hadir.

"Kami sangat berterima kasih kepada semua vendor dan peserta yang telah mendukung Avec Amour Wedding Showcase. Kami berharap acara ini tidak hanya memberikan inspirasi, tetapi juga membantu para calon pengantin menemukan penawaran spesial yang sesuai dengan impian pernikahan mereka," ujar Isthy Komalawati, Director of Sales and Marketing Le Meridien Jakarta. 

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #menikah #tahun #simak #tren #pernikahan #terbaru #pilih #simple #atau #unik

KOMENTAR