Kulit Belang Akibat Terbakar Matahari, Lakukan Ini Agar Kembali Merata dan Cerah
Ilustrasi kulit belang akibat terbakar matahari. (Freepik)
09:25
13 Agustus 2024

Kulit Belang Akibat Terbakar Matahari, Lakukan Ini Agar Kembali Merata dan Cerah

Pernahkah kamu mengalami kulit belang akibat terbakar matahari? Kulit belang akibat terbakar matahari pastinya akan mengganggu penampilan. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini dan mengembalikan warna kulitmu menjadi merata.

Sebelum membahas cara mengatasinya, kamu harus tahu terlebih dahulu penyebab kulit belang. Kondisi ini umumnya terjadi karena paparan sinar matahari yang tidak merata. Misalnya, saat kamu bermain di pantai. Bagian tubuh yang terbuka dan tak tertutup pakaian akan terpapar sinar matahari, seperti lengan, kaki, bahkan wajah. Jika paparan sinar matahari berlangsung cukup lama, hal ini akan membuat kulit yang terbuka tersebut menjadi lebih gelap warnanya dibandingkan bagian tubuh yang tertutup pakaian.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kulit belang akibat terbakar sinar matahari? Yuk, simak caranya!

1. Eksfoliasi

Baca Juga: Demi Punya Kulit Awet Muda dan Body Ideal, Olla Ramlan Rutin Lakukan Perawatan: Biayanya Habis Segini!

Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang menghalangi regenerasi kulit baru. Gunakan scrub atau lulur yang mengandung bahan alami seperti gula, kopi, atau oatmeal. Gosokkan lembut pada area kulit yang belang secara teratur.

2. Pakai pelembap

Menjaga kelembapan kulit dan membantu proses regenerasi kulit. Pilih pelembap yang mengandung bahan-bahan alami seperti aloe vera, shea butter, atau vitamin E. Oleskan secara teratur pada kulit yang belang.

3. Masker alami

Pemakaian masker bertujuan untuk mengembalikan kecerahan dan meratakan warna kulit. Kamu bisa mencoba masker yogurt dan madu yang dioleskan pada kulit yang belang, kemudian diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.

Baca Juga: Promo Istimewa! Nasabah BRI Bisa Merawat Diri di ForeverSkin Clinic dengan Cicilan 0%

4. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Untuk sementara, hindari dulu paparan langsung sinar matahari. Tujuannya, mencegah kulit menjadi lebih belang. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 dan gunakan secara rutin sebelum beraktivitas di luar ruangan.

5. Kenakan pakaian pelindung

Di saat kamu sedang berusaha mengembalikan warna kulitmu, gunakan pakaian yang menutupi kulit, seperti kemeja lengan panjang, celana panjang, dan topi.

6. Lakukan perawatan profesional

Untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal, kamu bisa konsultasikan masalah kulit belangmu dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang sesuai, seperti chemical peel atau laser.

Nah, itulah 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit belang akibat terbakar matahari. Ingat, proses untuk mengembalikan warna ulitmu membutuhkan waktu dan kesabaran. Jadi, jangan putus asa dan terus lakukan perawatan secara rutin. Jika kondisi kulitmu tidak membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #kulit #belang #akibat #terbakar #matahari #lakukan #agar #kembali #merata #cerah

KOMENTAR