Bagaimana Cara Magang di DPR RI seperti Mayang Lucyana? Ini Syarat Lengkapnya
Mayang Lucyana Fitri. (Instagram)
15:02
12 Agustus 2024

Bagaimana Cara Magang di DPR RI seperti Mayang Lucyana? Ini Syarat Lengkapnya

Adik Vanessa Angel, Mayang Lucyana Fitri kini diketahui sedang menjalani program magang di Gedung Senayan DPR RI. Hal ini terungkap dari unggahan konten di Tiktok-nya pada Senin (05/08/2024) lalu. Dalam unggahannya, Mayang terlihat membuat konten lipsync lagu sambil mengenakan lanyard bertuliskan DPR RI.

Mayang pun sempat membenarkan bahwa dirinya sedang menjalani magang di DPR RI dalam sebuah sesi live di TikToknya. Mayang sendiri diketahui masih berkuliah di Universitas Prof Moestopo (Beragama) Jakarta di jurusan Ilmu Hubungan Internasional semester 5.

Namun, masih banyak warganet yang tidak percaya bahwa Mayang benar-benar menjalani magang di DPR RI lantaran banyak mahasiswa yang diketahui kesulitan untuk menembus seleksi magang di DPR RI.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan kesempatan magang di DPR RI seperti Mayang Lucyana Fitri? Simak inilah selengkapnya.

Baca Juga: Mayang Lucyana Kuliah Jurusan Apa? Dikabarkan Magang di DPR RI dengan Gaji Sebesar Ini

Mayang Lucyana Fitri. (Instagram)Mayang Lucyana Fitri. (Instagram)

Cara magang di DPR RI

DPR RI menjadi salah satu lembaga yang membuka kesempatan bagi para mahasiswa yang ingin mempelajari tentang dunia pemerintahan. Berdasarkan informasi di laman dpr.go.id, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk para mahasiswa bisa mengajukan magang di DPR RI.

DPR RI sendiri sudah bekerjasama dengan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam program Kampus Merdeka untuk membuka kesempatan magang bersertifikat bagi setiap mahasiswa dari berbagai jurusan.

Untuk mahasiswa yang ingin mengajukan magang melalui program Kampus Merdeka, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain :

  • Mahasiswa/i yang sedang menempuh pendidikan di semester 5 atau 7
  • Belum pernah menjadi peserta MDRR DPR RI Tahun 2021, Tahun 2022, dan Tahun 2023
  • Memiliki IPK minimal 3.00 dari 4.00
  • Berasal dari perguruan tinggi negeri atau swasta (PTN/PTS) yang memiliki akreditasi program studi minimal B
  • Tidak pernah atau tidak sedang menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat dalam politik praktis
  • Diutamakan bagi mahasiswa/i yang memiliki pengalaman organisasi
  • Diutamakan bagi mahasiswa/i yang memiliki prestasi berkaitan dengan ilmu di program studinya baik di tingkat nasional maupun internasional
  • Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Komitmen
Mayang Lucyana, anak Doddy Sudrajat. (Instagram/mayaang.lucyaana)Mayang Lucyana, anak Doddy Sudrajat. (Instagram/mayaang.lucyaana)

Mahasiswa pun bisa mengakses laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/magang jika ingin mengetahui posisi apa saja yang sedang dibuka oleh DPR RI untuk mahasiswa magang.

Baca Juga: Mayang Lucyana Kuliah di Mana? Tuai Decak Kagum usai Dikabarkan Magang di DPR RI

Tak hanya itu, ada cara lain bagi mahasiswa yang ingin mengajukan magang di DPR RI yaitu mengajukan secara mandiri melalui Badan Kerja Sama Antar Parlemen (KSAP) DPR RI.

Pengajuan magang mandiri ini pun juga bisa dilakukan secara langsung dengan cara mengirimkan surat permohonan magang dan dokumen pendukung ke Gedung Sekretariat Jenderal DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat.

Namun, pengajuan melalui KSAP ini hanya dikhususkan bagi mahasiswa yang berasal dari jurusan atau departemen Ilmu Hubungan Internasional.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #bagaimana #cara #magang #seperti #mayang #lucyana #syarat #lengkapnya

KOMENTAR