Silsilah Keluarga Rizki Juniansyah: Pantas Sukses Rebut Medali Emas di Debut Perdana Olimpiade
Rizki Juniansyah (Instagram/juniansyah_)
15:31
9 Agustus 2024

Silsilah Keluarga Rizki Juniansyah: Pantas Sukses Rebut Medali Emas di Debut Perdana Olimpiade

Silsilah keluarga Rizki Juniansyah turut menjadi sorotan usai meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024. Pria berusia 21 tahun ini sukses memboyong emas dari cabag olahraga agkat besi kelas 73 kilogram dalam debut perdana di Olimpiade.

Dalam pesta olahraga terbesar itu, Rizki berhasil mengumpulkan total angkat besi sebanyak 354 kilogram dengan rincian snatch 155 kg dan clean and jerk 199 kg.

Sebelum meraih kejuaraan di ajang olahraga paling bergengsi tersebut, Rizki merupakan juara dunia junior pada tahun 2021 dan 2022.

Lantas, latar keluarga seperti apa yang bisa membuat Rizki berhasil menyabet emas di usianya yang relatif masih sangat muda ini? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Saat Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah Buka Mata Dunia

Silsilah keluarga Rizki Juniansyah

Rizki Juniansyah (Instagram/timindonesiaofficial)Rizki Juniansyah (Instagram/timindonesiaofficial)

Lahir di Banten, 17 Juni 2003, Rizki Juniansyah memang tumbuh dalam keluarga atlet, tepatnya lifter. Ayah Rizki, Mohammad Yasin sempat menaruh prestasi dalam SEA Games pada tahun 1983–1993. Sementara itu, ibu dari Rizki juga adalah seorang atlet angkat besi dari daerahnya.

Sejak kecil, Rizki dan kakaknya memang sering dilatih sang ayah untuk menjadi seorang atlet di fasilitas milik pribadi. Ia telah berlatih sejak kelas 4 SD.

Usaha tersebut berbuah manis tatkala Rizki berhasil memenangkan sejumlah medali di daerahnya, seperti Popda, Porprov, dan PO.

Untuk bisa lolos ke Olimpiade Paris, Rizki harus mengikuti sejumlah kejuaraan internasional terlebih dahulu, seperti IWF Grand Prix 1 2023 daan Kejuaraan Dunia.

Baca Juga: Vietnam, Negara ASEAN Paling Merana dalam Ajang Olimpiade Paris 2024

Berkat usaha keras dan dukungan penuh dari keluarga, Rizki berhasil lolos dalam kualifikasi Olimpiade Paris 2024, bahkan pulang sebagai juara. Tak hanya itu, sosoknya bahkan sukses mencetak rekor dunia dengan total berat yang berhasil ia angkat.

Namun, perjalanan Rizki tak selamanya mulus. Pada akhir bulan Agustus 2023 lalu, ia sempat harus menjalani operasi usus buntu dan harus rehat selama 5–6 bulan.

Namun, lagi-lagi pria ini berhasil bangkit dengan tekadnya yang kuat untuk pulang membawa emas.

Adapun ibunda Rizki Juniansyah sempat mengungkap ritual khusus yang dilakukan sang putra sebelum bertanding. Ternyata, Rizki selalu mencuci kaki ibunya dan meminum air tersebut.

Demkian informasi mengenai silsilah keluarga Rizky Juniansyah, atlet angkat besi yang berhasil membawa pulang medali emas dari Olimpiade Paris 2024, dukungan keluarganya memang patut diapresiasi.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #silsilah #keluarga #rizki #juniansyah #pantas #sukses #rebut #medali #emas #debut #perdana #olimpiade

KOMENTAR