Belajar dari Kisah Pilu Jovi Tampi, Ini Tanda-Tanda Tabung Gas Bocor yang Perlu Diwaspadai!
Tanda-Tanda Tabung Gas Bocor (Kolase Instagram @pikology/Unsplash)
12:20
9 Agustus 2024

Belajar dari Kisah Pilu Jovi Tampi, Ini Tanda-Tanda Tabung Gas Bocor yang Perlu Diwaspadai!

Kisah pilu dialami oleh seorang pria bernama Jovi Robert Jeevana Tampi atau Jovi Tampi yang harus kehilangan istri tercinta akibat insiden tabung gas bocor. Peristiwa nahas ini pun menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap penggunaan tabung gas. Sehingga penting, bagi kita mengenali tanda-tanda tabung gas bocor.

Melalui sebuah video yang beredar di media sosial, Jovi Tampi menceritakan peristiwa ledakan tabung gas yang membuat ia, istri, dan sang anak yang masih berusia sekitar 1 tahun mengalami luka bakar yang sangat serius.

Awal mula kejadian saat Jovi Tampi dan keluarganya yang baru pulang ibadah dari gereja mendapati regulator tabung gas di rumahnya bocor. Ia lantas mencabut regulator dari tabung gas dan berusaha menghilangkan bau gas yang menyengat dengan membuka seluruh sumber ventilasi.

Akan tetapi ada satu kesalahan yang dilakukan oleh Jovi hingga memicu terjadinya ledakan dan kebakaran di rumahnya. Atas saran sang istri, Jovi menyalakan kipas angin untuk menghilangkan bau gas yang saat itu terjebak di dalam rumah. Nahasnya ketika Jovi menyalakan kipas angin, muncul percikan api dan seketika menyebabkan ledakan.

Baca Juga: Kebakaran Hebat di Ruko Saudara Frame Mampang, Begini Kondisi 5 Korban Selamat yang Alami Luka Bakar

Atas kejadian ini, membuat siapa saja harus waspada terhadap segala potensi bahaya akibat penggunaan tabung gas. Mengingat maraknya kasus kebocoran tabung gas yang mengakibatkan ledakan hingga kebakaran. Oleh sebab itu penting untuk mengenali tanda-tanda tabung gas  yang bocor agar bisa segera ditangani dengan tepat.

Tanda-Tanda Tabung Gas Bocor

Tabung gas yang bocor memiliki ciri yang khas. Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah tanda-tanda tabung gas bocor:

1. Ruangan Berbau Seperti Belerang

Tanda gas bocor yang pertama kali kerap dirasakan yaitu saat ruangan berbau menyengat seperti belerang. Diketahui, tabung gas untuk memasak mempunyai zat mercaptan yang bisa menghasilkan bau belerang. Aroma belerang ini cukup kuat yaitu seperti bau telur busuk.

Baca Juga: Tersangka Pembakaran Rumah di Kalideres Tewas Akibat Luka Bakar, Polisi Hentikan Perkara

2. Perubahan Pada Nyala Api Kompor

Tanda-tanda gas bocor berikutnya yaitu adanya perubahan pada warna api. Normalnya, api kompor gas yang tidak bocor akan mengeluarkan api berwarna biru. Beda halnya dengan api yang dikeluarkan oleh kompor dengan gas yang bocor akan berubah warna jadi kemerahan dan terlihat tidak stabil.

3. Gas Terasa Cepat Habis

Ciri selanjutnya yakni gas akan terasa cepat habis. Apabila sering memasak, mungkin kita bisa memperkirakan waktu pemakaian gas. Dari awal pastikan jika tabung gas tidak bocor sebelum memasak untuk menghindari ledakan dan kebakaran.

4. Penghuni Rumah Merasa Pusing dan Mual

Apabila tidak memiliki penciuman yang tajam, kamu bisa saja menghirup gas secara tidak sadar bahkan berujung keracunan hingga mengalami mual dan muntah. Selain itu, tak jarang gejalanya juga bisa berupa iritasi, pusing sampai hilang kesadaran.

5. Ada Suara Mendesis atau Bersiul dari Tabung Gas

Ciri tabung gas bocor yang umum terjadi yaitu ketika tabung mengeluarkan suara mendesis atau bersiul. Suara ini muncul lantaran adanya udara yang keluar dari bagian tabung gas yang bocor. Bahkan suara tak lazim itu juga bisa muncul ketika kamu melakukan kesalahan pada pemasangan regulator atau ketika regulator gas mengalami kebocoran. 

Cara Mengatasi Tabung Gas Bocor

Setelah mengenali tanda-tanda gas bocor, langsung lakukan cara berikut untuk mengatasinya:

1. Matikan Api dan Kompor

Apabila sudah mengetahui bahwa tabung gas di rumah mengalami kebocoran, maka segera matikan kompor dan cabut regulator gas dengan sangat hati-hati. Hindari penggunaan alat yang dapat menimbulkan percikan api dan listrik seperti rokok, korek api, maupun stun gun.

2. Buka Jendela dan Pintu

Setelah itu, buka jendela dan pintu dengan tujuan untuk melancarakan sirkulasi udara sehingga agar gas yang bocor tidak terjebak terlalu lama dalam ruangan. Gas yang terjebak dalam ruangan dalam waktu lama bisa menimbulkan ledakan sehingga sangat berbahaya bila penghuni tetao diam di rumah. Bila dirasa tabung gas akan meledak, kamj bisa langsung membawanya keluar rumah.

3. Periksa Letak Kebocoran dengan Air

Jika meyakini kebocoran berasal dari badan tabung gas, maka cobalah merendam tabung gas dalam ember berisikan air untuk mengetahui letak persis kebocorannya dimana.

4. Siapkan Kain Basah atau Karung Ghoni Basah

Jika sudah terlanjur terjadi pecikan api dan tabung gas mulai terbakar, maka siapkan kain atau handuk basah atau karung ghoni untuk memadamkan api yang menyambar tabung gas.

5. Jangan Nyalakan Kipas Angin

Belajar dari kisah Jovi Tampi menyalakan kipas angin dengan tujuan untuk mempermudah menghilangkan bau gas yang terjebak di dalam ruangan nyatanya bukan pilihan yang tepat. Angin yang dihasilkan kipas justru membuat percikan api hingga menyebankan ledakan dan lebakaran. Sebaiknya kita cukup membuka jendela dan pintu saja.

Nah, demikian tadi beberapa tanda-tanda tabung gas bocor yang bisa menjadi informasi berguna bagi kita semua. Pastikan untuk memeriksa tabung gas sebelum memasak serta gunakan regulator yang sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Semoga artikel ini bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #belajar #dari #kisah #pilu #jovi #tampi #tanda #tanda #tabung #bocor #yang #perlu #diwaspadai

KOMENTAR