Biodata Habib Rizieq Shihab, Jadi Perbincangan Usai Bertemu 2 Pentolan Partai Gerindra
Habib Rizieq Shihab [Istimewa]
23:30
5 Agustus 2024

Biodata Habib Rizieq Shihab, Jadi Perbincangan Usai Bertemu 2 Pentolan Partai Gerindra

Habib Rizieq Shihab baru-baru ini ditemui dua pentolan Partai Gerindra. Mantan imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu terlihat dalam foto yang beredar baru saja menjamu Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Umum (Waketum) Gerindra Habiburokhman.

Pertemuan tersebut diunggah Dasco di akun Instagram miliknya. Diketahui, momen itu terjadi di kediaman Habib Rizieq di Petamburan, Jakarta pada Sabtu (3/8/2024).

Dasco mengaku dalam pertemuan itu tak ada pembicaraan soal politik. "Ya yang pertama kita datang silaturahmi, sesama anak bangsa, saya di sana gak bicara politik apapun," kata Dasco di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Namun, Dasco mengungkapkan memiliki visi yang sama dengan Rizieq dalam urusan membangun bangsa. "Cuma kami mempunyai kesepahaman dengan visi yang sama untuk membangun Indonesia lebih maju ke depannya," katanya.

Baca Juga: Yaga Yingde Group Itu Apa? Cek Profil dan Pemiliknya

Profil Habib Rizieq Shihab

Pemilik nama lengkap H. Al-Habib Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab, Lc., M.A., Ph.D merupakan ulama kelahiran Jakarta, 24 Agustus 1965.

Habib Rizieq diketahui merupakan keturunan Hadhrami yang memiliki sanad ke Nabi Muhammad SAW. Dia merupakan putra dari Hussein Shihab dan Sidah Alatas.

Rizieq menghabiskan masa kecil hingga remaja di Jakarta. Menginjak dewasa, dia menempuh pendidikan ke Arab Saudi dengan masuk ke Universitas Raja Saud untuk belajar studi Agama Islam.

Lulus berkuliah di Arab Saudi, Habib Rizieq kembali ke Tanah Air dengan mengajar di salah satu SMA. Tak hanya itu, dia juga aktif berdakwah dengan bergabung bersama sejumlah organisasi.

Baca Juga: Dasco Ungkap Isi Pertemuannya dengan Habib Rizieq, Akui Punya Kesepahaman

Meski aktif berkegiatan tak menyurutkannya untuk belajar. Tercatat Habib Rizieq pernah meneruskan studi di Universitas Islam Internasional Antar Bangsa, Malaysia. Di tempat itu juga gelar doktoralnya diraih.

Mendirikan FPI

Habib Rizieq dikenal sebagai pendiri FPI. Organisasi ini terbentuk pertama kali pada 17 Agustus 1998 di Pondok Pesantren Al-Umm, Tangerang. Anggotanya kemudian menyebar ke seluruh pelosok Tanah Air.

FPI kerap melakukan aksi sweeping atau razia di bulan suci Ramadhan. Kemudian izin pendirian ormas itu kedaluwarsa karena pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri tak mengeluarkan perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) pada 2019.

Kontroversi Habib Rizieq

Habib Rizieq juga kerap menyerukan aksi bela Islam dengan cukup keras bersama FPI, sehingga menimbulkan banyak kontroversi. Dia tercatat sebanyak 3 kali masuk penjara.

Dia pernah dibui di Rutan Salemba selama 7 bulan akibat kasus perusakan tempat hiburan di Jakarta dan ajakan menghasut untuk melawan pemerintah pada 2003.

Kemudian penjara 1 tahun dan 6 bulan atas kasus penyerangan massa Aliansi Kebangsaan untuk Kebangsaan Beragama dan Berkeyakinan (AKBB) di Monas pada 2008.

Pernah juga ditangkap dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan terkait kerumunan pada pernikahan putrinya Syarifah Najwa Shihab pada 2020. Habib Rizieq dituding melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan. Dia kemudian dihukum 4 tahun penjara terkait kasus melakukan penyiaran berita bohong dan menimbulkan keonaran dalam kasus tes usap di RS Ummi Bogor.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #biodata #habib #rizieq #shihab #jadi #perbincangan #usai #bertemu #pentolan #partai #gerindra

KOMENTAR