Fuji Menolak Disebut Keturunan Bangsawan, Padahal Haji Faisal Sandang Gelar Terhormat Ini
Keluarga Fuji. [Instagram/opahfaisal]
15:00
2 Agustus 2024

Fuji Menolak Disebut Keturunan Bangsawan, Padahal Haji Faisal Sandang Gelar Terhormat Ini

Fujianti Utami atau Fuji membantah bahwa dirinya merupakan keturunan bangsawan. Isu ini beredar karena gelar yang disandang ayahnya, Haji Faisal.

Fakta ini diungkap Fuji saat menjadi bintang tamu acara Trik Talk dilansir Suara.com pada Jumat (2/8/2024). Fuji ditanya mengenai kebenaran isu keturunan bangsawan tersebut.

"Mitos tau fakta: Fuji ternyata turunan bangsawan dari Haji Faisal dan Haji Dewi? Fuji merupakan keturunan bangsawan dari papanya yang merupakan Datuk di Sumatera Barat?" tanya Umi yang menjadi co-host di acara tersebut.

"Mitos," jawab Fuji tegas.

Baca Juga: Fuji Bongkar Tipe Cowok Idamannya, Eldyn Yusuf Masuk Kriteria?

Ia membenarkan bahwa ayahnya memiliki gelar Datuk, tapi menurut Fuji gelar yang disandang Haji Faisal tersebut bukan berarti keluarganya adalah bangsawan.

"Bukan bangsawan itu. Aku juga nggak ngerti Datuk itu apa tapi itu gelar di Padang, tapi bukan bangsawan," jelas Fuji.

Jawaban Fuji ini lantas mendapat beragam komentar warganet. Sikap jujur Fuji tak mengagungkan gelar keluarganya ini mendapat pujian. Namun ada pula yang meluruskan mengenai arti gelar Datuk di Sumatera Barat.

"Aku ibu-ibu suka anak gadis ini, apa adanya, polos, nggak pencitraan, dan begitulah aslinya anaknya nggak berusaha cari simpati," tulis netizen.

"Tapi yang aku salut dari Fuji ini dia selalu ngomong apa adanya, nggak munafik, jujur-jujur aja dia ngomong," imbuh netizen lain.

Baca Juga: Diam-diam Kirim Bantuan untuk Anak-anak Papua, Fuji Tuai Acungan Jempol: Gak Perlu Pujian

"Padahal gelar datuk itu memang bangsawan Minang, karena itu gelar keturunan. Datuk itu pemimpin sebuah suku di Minangkabau. Tapi gelar datuk itu tidak turun ke anak, tapi ke ponakan anak saudara perempuan," komentar netizen.

Menyadur dari situs pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, gelar Datuk adalah sebuah gelar adat di suku Minangkabau. Gelar Datuk diberikan kepada seseorang atas kesepakatan suku atau kaum yang disetujui melalui rapat adat dan pemuka adat, biasanya dilakukan melalui Kerapatan Adat Nagari.

Untuk menyandangkan gelar ini, seseorang harus melakukan serangkaian upacara adat yang disebut malewakan gala. Tradisi ini dilakukan dengan memotong seekor kerbau dan mengadakan jamuan.

Ketika seseorang sudah menyandang gelar Datuk, ia sudah bisa disamakan dengan pemimpin suatu kaum atau suku. Namun terkadang gelar Datuk juga bisa diberikan sebagai tanda kehormatan saja.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #fuji #menolak #disebut #keturunan #bangsawan #padahal #haji #faisal #sandang #gelar #terhormat

KOMENTAR