Jangan Biarkan Anak Pilih-Pilih Makanan! Ini Sebabnya
Ilustrasi anak makan. (pexels/bulatovic)
15:39
31 Juli 2024

Jangan Biarkan Anak Pilih-Pilih Makanan! Ini Sebabnya

Pola asuh orang tua dinilai memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kebiasaan makan anak. Jika orang tua tidak biasa mengenalkan variasi makanan kepada anak, maka anak akan cenderung mengonsumsi makanan tertentu dan menghindari jenis makanan yang lain.

Demikian dikatakan oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Ulul Albab, Sp.OG, melansir Antara, Rabu (31/7/2024).

"Itu yang membuat akhirnya anak ini memilih apa yang dia sukai karena orang tuanya memberikan apa yang dia sukai. Padahal apa yang disukai anak-anak itu belum tentu itu yang benar," katanya.

Dirinya menyebut kebiasaan orang tua tidak memberikan makanan yang tidak disukai anak lantaran tidak ingin anak jadi rewel, juga bisa membuat anak suka pilih-pilih makanan.

"Kalau anak enggak pernah merasakan yang namanya telur, atau terpatri bahwa anak itu makan telur rasanya enggak enak, persepsi dia pasti akan negatif terhadap telur, sehingga akan pilih-pilih (makanan)," ujarnya.

Oleh karena itu, ia mendorong para orang tua untuk mengenalkan beragam jenis makanan kepada anak sejak dini. Kemudian, menyajikan makanan dengan tampilan menarik agar anak-anak mau mengonsumsi aneka makanan.

"Walaupun sebenarnya makanannya sama, tapi karena ada variasi, kemudian ada inovasi, anaknya merasa bahwa itu menarik, dan packaging itu penting buat anak-anak, bukan hanya rasa," katanya.

Editor: Suhardiman

Tag:  #jangan #biarkan #anak #pilih #pilih #makanan #sebabnya

KOMENTAR