Selain Karnaval, Ini Dia Lomba 17 Agustus Kekinian untuk Anak-anak
Potret sejumlah anak siswa berlomba tarik tambang. (Twitter/@jurnalistik41)
09:32
30 Juli 2024

Selain Karnaval, Ini Dia Lomba 17 Agustus Kekinian untuk Anak-anak

Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada Sabtu 17 Agustus 2024 mendatang, selalu diramaikan dengan sejumlah aktivitas meriah.

Selain acara sakral dengan pengibaran bendera merah putih dan juga kunjungan ke makam para pahlawan, sejumlah perlombaan kerap meramaikan HUT RI ini.

Seluruh lapisan masyarakat kerap memeriahkan kegiatan lomba ini, termasuk anak-anak. Ada sejumlah kegiatan lomba kreatif yang bisa dijadikan alternatif yang menambah keseruan warga ketika memeriahkan acara, berikut ulasannya.

1. Lomba Hias Sepeda

Baca Juga: Ngakak Abis! 10 Lomba 17 Agustus Ibu-Ibu Ini Dijamin Bikin Perut Terkocok

Bagi anak-anak, bermain sepeda menjadi salah satu kegiatan lumrah yang kerap dilakukan di kompleks tempat tinggal mereka. Panitia 17 Agustus bisa saja menggelar lomba hias sepeda yang bertema kemerdekaan.

Sang anak nantinya bisa menghiasi sepedanya dan dipamerkan ketika acara hari H. Lomba ini tentu dinilai oleh juri yang ditunjuk dan lebih menarik jika dilakukan sembari karnaval.

2. Lomba Fashion Show

Lomba fashion show, menjadi pilihan yang menarik untuk menumbuhkan kreativitas anak-anak. Di sisi lain, momen ini juga untuk mengenalkan bahwa di Indonesia memiliki banyak baju khas adat.

Bisa menjadi opsi, pakaian yang ditampilkan nanti menyesuaikan dengan daerah yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Adu Kreativitas di Hari Kemerdekaan: Ini 5 Ide Lomba 17 Agustus Seru untuk Ibu-Ibu

3. Menyanyikan Lagu Nasional

Sembari menumbuhkan kreativitasnya, lomba menyanyikan lagu nasional ini juga untuk melatih dan menanam nilai-nilai kebangsaan dalam diri anak.

Tak dipungkiri memang, anak-anak sekarang tak begitu tertarik untuk melantunkan lagu nasional. Maka dari itu, ajang ini juga tepat untuk menumbuhkan rasa nasionalis anak untuk negaranya.

4. Lomba Baca Puisi

Puisi adalah penggalan kata yang tersusun secara indah yang dibuat sesuai hati dan pemikiran penulis. Anak-anak pun memiliki dua hal tersebut yang bisa ditumpahkan dalam bentuk puisi.

Memang perlu ada bimbingan orang tua, namun dengan puisi ini cukup banyak merangsang kreasi anak dalam berfikir dan meneruskannya ke dalam tulisan.

5. Lomba Berkostum Pahlawan

Menirukan gaya berpakaian pahlawan Indonesia menjadi alternatif yang bisa dijadikan ajang lomba pada 17 Agustus 2024 nanti. Di samping anak akan berpakaian seperti pahlawan, mereka juga bisa mengetahui siapa pahlawan Indonesia yang ia tirukan.

Tentu kompetisi ini juga merangsang kreativitas anak temasuk orang tua untuk menampilkan gaya pahlawan Indonesia. Momen ini juga bisa mengenalkan sang anak bagaimana pahlawan dulu berjuang untuk memukul mundur penajajah dan memerdekakan Indonesia.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #selain #karnaval #lomba #agustus #kekinian #untuk #anak #anak

KOMENTAR