Profil Rifda Irfanaluthfi, Tampil di Olimpiade Paris 2024 Meski Alami Cedera ACL
Profil Rifda Irfanaluthfi (Ig/ @rifda_irfanaluthfi)
20:35
29 Juli 2024

Profil Rifda Irfanaluthfi, Tampil di Olimpiade Paris 2024 Meski Alami Cedera ACL

Atlet senam artistik pertama asal Indonesia bernama Rifda Irfanaluthfi, berhasil menuntaskan penampilannya dalam Olimpiade Paris 2024 meskipun mengalami cedera ACL atau anterior cruciate ligament. Berkat penampilannya itu, sosoknya pun kini jadi perhatian publik. Simak profil Rifda Irfanaluthfi berikut ini.

Rifda menjadi atlet senam Indonesia pertama yang lolos ke Olimpiade Paris. Ia harus berjuang menahan rasa sakit, bahkan  harus dibantu sang pelatih, Eva Novalinda, ketika tampil lantaran masih dalam kondisi cedera. 

Mengutip dari Alodokter, cedera ACL adalah kerusakan atau robekan pada ligamen lutut anterior, yaitu jaringan yang menghubungkan tulang paha bagian bawah dengan tulang kering. Sebelumnya, diketahui bahwa Rifda sudah menjalani operasi pada bagian meniskus, yaitu bagian tulang rawan yang berbentuk seperti bulan sabit pada lutut, yang berada di atas tulang kering. Namun, pesenam berusia 24 tahun itu masih menderita ACL yang belum dioperasi supaya bisa berkompetisi pada Olimpiade Paris 2024.

Meski demikian, ia tetap berusaha tampil maksimal pada nomor All Around yang memainkan palang bertingkat dari 4 alat yang harus dicobanya. Melalui penampilannya yang dinilai kurang maksimal itu, Rifda mencatatkan 9,166 poin.

Baca Juga: Terancam! Apriyani/Fadia di Ujung Tanduk, Mampukah Bangkit di Laga Penentuan Olimpiade Paris?

Mungkin masih banyak dari kita yang belum tahu siapa dan bagaimana sepak terjang atlet tersebut di dunia senam artistik. Berikut Suara.com coba rangkum profil Ridha Irfanaluthfi.

Profil Rifda Irfanaluthfi

Rifda Irfanaluthfi adalah atlet senam artistik Indonesia yang lahir di Jakarta pada tanggal 16 Oktober 1999. Wanita berusia 24 tahun itu memulai karier sebagai atlet sejak masih berusia 6 tahun. Tercatat, pada tahun 2014, ia ditunjuk untuk mewakili Provinsi DKI Jakarta dan berhasil menyabet 2 medali emas dalam kejuaraan PON Remaja.

Kariernya dalam kancah internasional dimulai ketika dirinya mengikuti kejuaraan senam di Doha, Qatar pada 25 Maret 2015 lalu. Kala itu, dirinya mengikuti tiga nomor, yaitu balok keseimbangan, meja lompat dan juga senam lantai. Namun sayangnya, dia belum berhasil lolos ke final.

Rifda yang masih remaja pun tak pernah patah semangat. Ia akhirnya berhasil meraih medali perak di tingkat internasional dalam kategori balok keseimbangan pada ajang SEA Games 2015. Berawal dari situ, Rifda tercatat selalu menjadi atlet andalan Indonesia untuk cabang olahraga senam artistik di tingkat Internasional.

Baca Juga: 5 Potret Rifda Irfanaluthfi: Tahan Cedera Demi Indonesia Pecah Telor di Olimpiade Paris 2024

Sekitar 10 tahun dirinya berkiprah di bidang olahraga senam artistik, Rifda pun berhasil menorehkan banyak prestasi di sederet kompetisi maupun ajang olahraga bergengsi. Tak heran bila sosoknya menjadi salah satu atlet kebanggaan Indonesia.

Adapun, salah satu prestasi membanggakan yang pernah diraih Rifda Irfanaluthfi yaitu medali perunggu senam lantai pada ajang Piala Dunia Senam Artistik FIG 2024 di Kairo, Mesir.

Kala bertanding di Sea Games ke-28, Singapura, Rifda berhasil meraih medali perak senam lantai. Selain itu, pada Sea games 2017, di Kuala Lumpur, Malaysia, ia berhasil membawa pulang 1 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Rifda Irfanaluthfi memiliki akun Instagram pribadi bernama @rifda_irfanaluthfi. Bila ingin melihat segala aktivitas dan kegiatan Rifda bisa melalui akun Instagram tersebut.

Nah itu tadi profil Rifda Irfanaluthfi, atlet senam artistik pertama asal Indonesia yang berhasil menuntaskan penampilannya dalam Olimpiade Paris 2024 meski mengalami cedera ACL.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Vania Rossa

Tag:  #profil #rifda #irfanaluthfi #tampil #olimpiade #paris #2024 #meski #alami #cedera

KOMENTAR