Cara Makan Roti Aoka Agar Aman Dikonsumsi Tanpa Risiko Bahan Kimia, Wajib Tahu!
Ilustrasi Roti Aoka. (Tokopedia)
10:41
24 Juli 2024

Cara Makan Roti Aoka Agar Aman Dikonsumsi Tanpa Risiko Bahan Kimia, Wajib Tahu!

Baru-baru ini masyarakat Indonesia dikejutkan dengan penemuan bahan roti Aoka yang menggunakan pengawet kosmetik, zat sodium dehydroacetate, dalam pengolahannya. Atas penemuan ini, tak sedikit orang yang mencari cara makan roti Aoka yang benar.

Diberitakan sebelumnya, merk roti kemasan yang jadi vaforit banyak orang itu diduga menggunakan sodium dehydroacetate agar tahan lama dan tidak berjamur meski sudah melewati batas kedaluwarsanya. Imbas kejadian ini pun, roti Aoka dilaporkan ke BPOM.

Awal Mula Dugaan Roti Aoka Mengandung Sodium Dehydroacetate

Awal mula ditemukannya bahan sodium dehydroacetate di roti Aoka setelah Paguyuban Roti dan Mie Ayam Borneo atau Parimbo melakukan uji laboratorium terhadap roti kemasan tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Pengawet Sodium Dehydroacetate, Ditemukan pada Roti Aoka dan Roti Okko

Ketua Parimbo Aftahuddin mengungkap, awalnya ia menerima laporan dari seorang anggota Parimbo tentang peredaran roti yang tahan lama dan tak berjamur, meskipun sudah beberapa bulan melewati tanggal kedaluwarsanya.

Menanggapi berita yang membuat resah masyarakat, PT Indonesia Bakery Family (PT IBF) selaku produsen dari roti Aoka membantah produknya menggunakan bahan pengawet kosmetik yang terlarang serta berbahaya. Head Legal Kemas Ahmad Yani pun menepis tudingan tersebut.

Ahmad Yani menegaskan bila roti Aoka sudah lebih dulu lolos uji Badan Obat dan Makanan (BPOM) RI sebelum mendapat izin edar di pasaran. Pengujian ini, imbuhnya, telah mencakup semua varian seperti yang tercantum dalam kemasan roti.

Cara Makan Roti Aoka yang Benar

Menyadur pada kemasan produk roti Aoka, roti kemasan ini ternyata tidak dapat langsung dikonsumsi begitu saja. Meski demikian, roti yang dijual tersebut sudah matang, namun konsumen diminta memanggangnya lebih dulu sebelum dikonsumsi. Cara memanggangnya sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya:

Baca Juga: Viral Penjual Roti Diusir-Didorong Petugas Satpol PP Saat Jualan di CFD Medan

  1. Buka kemasan roti Aoka
  2. Baluri roti Aoka dengan sedikit margarin diseluruh bagian roti
  3. Siapkan pan atau pemanggang elektrik
  4. Panggang roti Aoka yang sudah dibaluri margarin
  5. Panggangg roti di atas api kecil agar matang merata
  6. Balik roti, hingga permukaan lainnya terpanggang sempurna
  7. Angkat roti dan sajikan.

Sebagai catatan, roti Aoka juga bisa dipanggang tanpa tambahan margarin atau minyak. Lantaran serat dari roti dan kandungan margarinnya sendiri sudah cukup. Roti cukup dipanggang 3-5 menit di atas api kecil. Nantinya, bagian dalam roti akan jauh lebih meleleh dan lumer ketika disobek.

Bagi sebagian orang, memanggang roti Aoka diklaim dapat mencegah kita mengalami sakit perut. Bahkan proses pemanggangan juga dipercaya dapat menghilangkan rasa pahit pada roti. Namun beberapa orang lebih senang memakannya secara langsung. Kembali lagi hal ini sesuai selera masing-masing.

Demikian tadi cara makan roti Aoka yang benar. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #cara #makan #roti #aoka #agar #aman #dikonsumsi #tanpa #risiko #bahan #kimia #wajib #tahu

KOMENTAR