Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid Tetap Berduaan, Memang Boleh Tak Dipingit Jelang Menikah?
Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid ditemui di Gandaria City, Jakarta Selatan pada Selasa (23/7/2024). [Suara.com/Rena Pangesti]
10:38
24 Juli 2024

Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid Tetap Berduaan, Memang Boleh Tak Dipingit Jelang Menikah?

Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid terlihat hadir di Gala Premiere film Deadpool & Wolverine. Sesuai tema, Aaliyah tampil cantik dengan busana kuning seperti Wolverine, sementara Thariq memakai pakaian merah layaknya Deadpool.

Dilihat di unggahan akun TikTok @/inilahakuu91, pasangan itu terlihat serasi serta tak ragu memamerkan kemesraan di depan umum. Bukan hanya interaksi keduanya, warganet juga menyoroti penampilan Thariq dan Aaliyah yang dinilai semakin glow up menjelang pernikahan.

Masya Allah makin menyala althor,” komentar warganet. “Aal seperti biasa cantik.. tapi thor masha Allah mendekati akad jadi tambah glow up .. kerenlah kalian berdua,” puji warganet lain. “Masya Alloh tabarokalloh cantik dan cakep calon manten,” timpal yang lainnya.

Namun mengesampingkan Thariq dan Aaliyah yang semakin glow up, kemunculan keduanya menimbulkan pertanyaan lain di benak publik, termasuk tentang pingitan jelang pernikahan.

Baca Juga: Kumpul 3 Calon Besan, Attitude Angelina Sondakh di Depan Reza Artamevia dan Geni Faruk Jadi Omongan

Pasalnya beredar spekulasi Thariq dan Aaliyah akan segera menikah dalam waktu dekat, lantaran keduanya sudah menggelar siraman pada Sabtu (20/7/2024) kemarin. Mempertimbangkan hal tersebut, muncul asumsi Thariq dan Aaliyah selaku calon pengantin seharusnya sudah menjalani pingitan.

Lantas bolehkah pernikahan tetap digelar walau calon pengantinnya diduga tak menjalani pingitan seperti Thariq dan Aaliyah?

Sebagai informasi, pingitan biasanya dilakukan oleh calon pengantin sekitar beberapa hari atau bahkan beberapa bulan sebelum pernikahan digelar. 

Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid ditemui di Gandaria City, Jakarta Selatan pada Selasa (23/7/2024). [Suara.com/Rena Pangesti]Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid ditemui di Gandaria City, Jakarta Selatan pada Selasa (23/7/2024). [Suara.com/Rena Pangesti]

Namun bila merujuk pada penjelasan Ustaz Mifthul Ulum di kanal YouTube al atsary bali, pingitan sebenarnya tidak diajarkan secara spesifik di agama Islam.

“Kalau di dalam Islam tetap, kalau itu bagi wanita, tidak boleh tabarruj. Tabarruj ini keluar-keluar tanpa ada keperluan, dia bersolek, kemudian kumpul laki-perempuan yang bukan siapa-siapa. Tapi kalau istilah pingitan dalam arti ritual khusus, nggak ada,” ujar Ustaz Mifthul Ulum, dikutip pada Rabu (24/7/2024).

Baca Juga: Thariq Halilintar Dituduh Plagiat Podcast Praz Teguh, Kerja Keras demi Nikahi Aaliyah Massaid?

“Kalau sudah ada khitbah berarti sudah diminta, nggak boleh ada siapapun masuk. Kalau dipingit, wanita memang harus dipingit, dalam arti dijaga wanita itu. Tanpa pun harus diminta orang, memang harus dipingit terus, dijaga terus sama orangtuanya. Tapi kalau dikhususkan kepada wanita yang sudah di-khitbah (tidak ada),” imbuhnya.

Ustaz Mifthul Ulum juga menegaskan bahwa pertunangan bukanlah pertanda pasangan sudah halal dalam pandangan Islam. “Ketika sudah melamar tadi, maka bukan berarti halal, nggak boleh, harus tetap dipingit,” tuturnya.

Pingitan sendiri merupakan tradisi Jawa untuk menjaga calon pengantin dari berbagai kemungkinan penyebab batalnya pernikahan. Biasanya dalam masa pingitan, calon pengantin akan mendapatkan banyak ilmu dan pelatihan seputar rumah tangga.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #thariq #halilintar #aaliyah #massaid #tetap #berduaan #memang #boleh #dipingit #jelang #menikah

KOMENTAR