Mengenal Poppers: Obat Perangsang Berbahaya yang Disita Bareskrim
Mengenal Poppers: Obat Perangsang Berbahaya yang Disita Bareskrim (freepik)
20:52
23 Juli 2024

Mengenal Poppers: Obat Perangsang Berbahaya yang Disita Bareskrim

Baru-baru ini bareskrim Polri berhasil mengungkap kasus penggelapan poppers. Lantas, apa itu poppers yang disita bareskrim? Nah untuk selengkapnya, berikut ini penjelasannya lengkapnya dengan efek samping dan harganya.

Diberitakan bahwa pada Sabtu (13/7/2024), Bareskrim Polri berhasil menyita obat berbahaya yang dikenal dengan sebutan Poppers. Adapun terungkapnya kasus peredaran bahan kimia berbahaya ini berdasarkan atas laporan warga.

Dalam pengungkapan kasus ini, Bareskrim Polri berhasil meringkus salah satu tersangka berinisial RCL di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Berdasarkan pengakuan RCL, poppers tersebut diperolehnya dari China. Obat berbahaya ini sempat edarkan via toko online.

Seiring ramainya pemberitaan tersebut, mungkin masih ada yang belum mengetahui apa itu poppers yang disita Bareskrim. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan pengertian poppers lengkap dengan efek samping dan harganya.

Baca Juga: Modus Open BO Anak 'Premium Place', Pasang Harga Rp 8-17 Juta Sekali Kencan

Apa Itu Poppers

Popper merupakan bahan kimia yang penggunaannya dengan cara dihirup agar menjadi mabuk. Biasanya obat ini dibuat dengan amil nitrit atau semacanya. Orang-orang menghirup uap nitrit dapat merasakan euphoria dan ini sering kali digunakan saat seks.

Adapun nitrit ini merupakan sejenis bahan kimia yang kadang digunakan oleh medis untuk mengobati  jantung atau nyeri dada. Popper tidak bikin ketagihan, namun dapat memicu masalah kesehatan serius hingga kematian.

Biasanya poppers tersedia dalam  bentuk kemasan gelas kecil atau botol plastic. Untuk ukurannya mirip botol minuman energi populer dengan warna cairan dalamnya mungkin bisa bening, emas, atau kekuningan.

Popper ini jenis obat yang memiliki kandungan yang mampu mengendurkan otot-otot vagina dan anus. Itulah mengapa, obat ini kerap digunakan oleh beberapa orang  saat akan melakukan hubungan intim atau seks.

Efek Samping Poppers

Penting untuk diketahui bahwa poppers ini memiliki  sejumlah efek samping. Adapun efek samping poppers yakni sebagai berikut:

Baca Juga: Polisi Sita Ratusan Botol Obat Perangsang Sesama Jenis, Tiga Tersangka Ditangkap

  • Denyut nadi cepat
  • Wajah dan leher kemerahan
  • Sakit kepala
  • Mual atau muntah
  • Gelisah
  • Masalah mata seperti sensitivitas cahaya dan titik buta

Selain itu, pengguna poppers juga mungkin mengalami ruam kulit, sangat mengantuk, dan kelelahan. Efek samping ini mungkin memang tidak tidak berbahaya, meski demikian harap tetap temui dokter jika mengalami efek samping seperti yang disebutkan di atas saat menggunakan popper.

Harga Poppers

Mungkin ada yang penasaran mengenai harga poppers. Di Indonesia sendiri harga poppers yang dijual secara online bervariasi, tergantung ukurannya. Adapun harganya dari mulai Rp50 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Demikian ulasan mengenai apa itu poppers yang disita bareskrim lengkap dengan efek samping, harga, dan terungkapnya kasus penggelapan poppers oleh Bareskrim Polri. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #mengenal #poppers #obat #perangsang #berbahaya #yang #disita #bareskrim

KOMENTAR