Beda Kontroversi Raffi Ahmad-Nagita vs Kiky Saputri: Sama-sama Mau Di-Cancel Warganet
Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Kiky Saputri, Khairi [Instagram]
14:27
21 Juli 2024

Beda Kontroversi Raffi Ahmad-Nagita vs Kiky Saputri: Sama-sama Mau Di-Cancel Warganet

Kiky Saputri tengah jadi perbincangan hangat di media sosial setelah menyampaikan surat terbuka soal SK CPNS kepada Mendikbud. Meski menerima apresiasi, Kiky justru dirujak warganet karena aksinya itu terlihat settingan.

Gara-gara masalah itu, netizen bahkan berniat untuk meng-cancel Kiky. Menariknya bukan hanya Kiky, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga disebut akan turut di-cancel karena kontroversi mereka. Hal ini diungkap oleh seorang warganet yang cuitannnya kemudian viral.

"Selain Kiky Saputri, gue juga cancel Raffi Nagita, bukan karena beda pilihan tapi kayak buta uang banget anjrit. Kek semua aspek diembat sampai yang kotor juga diembat," bunyi cuitan seorang warganet pada Minggu (21/7/2024) yang kemudian viral.

Lantas apa saja kontroversi Raffi Ahmad dan Nagita Slavina vs Kiky Saputri yang mau di-cancel warganet? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Ikut Kajian, Sirkel Nagita Slavina Malah Dirujak Netizen Gegara Penampilan Sosok Ini

Kontroversi Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Instagram/raffinagita1717)Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Instagram/raffinagita1717)

- Siaran Langsung Pernikahan

Raffi Ahmad sempat digerebek Badan Narkotika Nasional (BNN) di tahun 2013 silam. Setelah keluar dari rehabilitasi, Raffi menikahi Nagita Slavina pada 2014 dengan siaran langsung pernikahannya dilakukan selama 2 hari berturut-turut.

Akibatnya pernikahan artis yang disebut paling megah dan mewah tahun 2014 itu membuat stasiun televisi yang menyiarkan mendapat teguran.

- Pesta Setelah Divaksin Covid-19

Pada pandemi Covid-19, sejumlah publik figur termasuk Raffi menjalani vaksinasi Covid-19 bersama dengan Presiden Jokowi. Namun tak lama disuntik, Raffi malah kedapatan berpesta bersama rekannya.

Baca Juga: Wanda Hara Dikritik Tampil Bercadar di Pengajian Ustaz Hanan Attaki, Nagita Slavina Kena Amuk Netizen

Raffi dinilai bermasalah karena dalam potret yang beredar, dia bersama dan orang yang hadir pada acara itu tidak memakai masker alias tidak ada penerapan protokol kesehatan.

- Ikon PON Papua

Pada gelaran PON XX Papua, Raffi dan Nagita ditunjuk menjadi ikon PON. Hal ini mengundang pro kontra, salah satunya dari komika Arie Kriting yang protes terpilihnya Nagita sebagai Duta PON XX Papua.

Menurut Arie Keriting, sudah seharusnya yang jadi duta adalah perempuan asli Papua. Raffi lantas merespon pro kontra yang terjadi dengan menegaskan bahwa dirinya dan Nagita bukanlah Duta PON XX melainkan ikon PON Papua.

- Bangun Beach Club

Raffi juga sempat tersandung masalah lingkungan usai mengumumkan akan membuat beach club dan resort di kawasan Pantai Krakal, Gunung Kidul, Yogyakarta. 

Proyek Raffi ini menuai banyak kritikan karena dibangun di wilayah Kawasan Bentangan Alam Karst (KBAK) Gunungsewu yang sangat berpengaruh terhadap ketersediaan air. Belakangan, Raffi sudah menarik diri dari proyek beach club ini.

- Terseret Dugaan Pencucian Uang

Raffi juga terseret kasus dugaan pencucian uang. Dia disorot karena melibatkan jumlah rekening yang mencengangkan sebanyak 400 rekening diduga merupakan kantong semar uang haram. Namun, Raffi dengan tegas membantah keterlibatan dalam kasus pencucian uang ini.

- Beri Makanan Sisa Pada Karyawan

Nagita juga menuai kontroversi karena memberi makanan sisa pada karyawannya. Tak hanya sekali, Nagita tertangkap kamera beberapa kali berbagi makanan yang sudah diicipnya.

Namun para karyawan justru memberi klarifikasi bahwa mereka tak masalah jika berbagi makanan dengan Nagita, begitu pun jika harus berbagi makanan dengan Raffi.

- Teriak-Teriak di Mall

Etika Nagita jadi bahan perbincangan karena sempat berteriak ketika memanggil Nia Ramadhani dalam sebuah mal di Singapura. Bahkan hal itu mendapat sindiran menohok dari Sarah Sechan. Raffi pun telah menegur Nagita soal hal ini.

- Ajak Cipung Syuting Acara Sahur

Pada Ramadhan 2024 kemarin, Raffi sempat jadi kontroversi karena mengajak putranya, Rayyanza Malik Ahmad alias Cipung syuting di acara sahur. Publik menganggap aksi itu sebagai eksploitasi anak karena sahur adalah jam tidur bayi.

Namun Raffi menepis tudingan memaksa Cipung syuting acara sahur. Faktanya, keikutsertaan Cipung syuting karena bocah dua tahun itu terbangun. Tak jarang juga Cipung mencari Nagita yang kebetulan sedang syuting acara sahur itu.

Kontroversi Kiky Saputri

Kiky Saputri (Instagram/kikysaputrii)Kiky Saputri (Instagram/kikysaputrii)

- Curhat Kecewa Roasting Ganjar

Kiky Saputri sempat mengungkap rasa kecewa karena materi roasting-nya ke Ganjar Pranowo dalam acara Lapor Pak! banyak yang dipotong. Akibat curhatan itu, Kiky banyak menerima cibiran. Dia bahkan dituding jadi buzzer salah satu paslon karena dinilai membuat framming buruk soal Ganjar.

- Singgung KDRT Rizky Billar

Kiky juga pernah menuai kontroversi gara-gara menyinggung Lesti Kejora yang mencabut laporan kasus dugaan KDRT yang dilakukan Rizky Billar di tahun 2022 lalu. Buntut dari hal itu, Kiky Saputri diserang oleh fans Billar dan Lesti.

- Curhat Ditolak Mau Roasting Sule

Kiky Saputri sempat menceritakan pengalamannya ditolak saat hendak meroasting seorang pembawa acara yang belakangan diketahui adalah Sule.

Karena ceritanya ramai dibicarakan, Kiky akhirnya minta maaf kepada Sule. Di sisi lain, Sule telah meluruskan masalah itu dengan mengaku alasan menolak roasting karenna mudah terbawa perasaan alias baper.

- Sebut Jennie Blackpink Malas-Malasan

Kiky juga pernah menuai pro dan kontra karena mengomentari penampilan Jennie BLACKPINK saat konser di Indonesia. Kiky merasa penampilan Jennie saat itu malas-malasan seperti anak kecil diminta ngaji. Sontak pernyataan itu membuat Kiky dirujak habis-habisan oleh penggemar girl band asal Korea Selatan itu.

- Komentari Pelayanan RS di Indonesia

Kontroversi lainnya terjadi ketika Kiky sempat mengungkap perbedaan pelayanan yang ada di rumah sakit Indonesia dan Singapura. Kiky ketika itu menceritakan sang mertua didiagnosis stroke kuping oleh dokter di Indonesia, akan tetapi saat berobat di Singapura ternyata hanya didiagnosis flu.

- Protes Soal SK CPNS

Terbaru, Kiky jadi topik perbincangan hangat di X usai menulis pesan terbuka kepada Mendikbud Ristek Nadiem Makarim soal SK CPNS. Namun Kiky malah dirujak warganet karena aksinya dinilai settingan. Hal ini bermula ketika Kiky awalnya meminta Nadiem segera memberi kejelasan soal SK pada para CPNS.

Tak lama, akun Kemendikbud langsung membalas cuitan Kiky dengan janji untuk menyelesaikan SK Pengangkatan CPNS paling lambat akhir Juli 2024. Hal ini lantas membuat Kiky menerima apresiasi.

Namun warganet menduga hal itu settingan karena waktunya dianggap terlalu cepat dan sebelumnya pernah ada yang menggaungkan hal sama tapi tak ditindaklanjuti.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #kontroversi #raffi #ahmad #nagita #kiky #saputri #sama #sama #cancel #warganet

KOMENTAR