Jangan Ujian Sebelum Baca Ini! Kumpulan Doa Ampuh untuk Pelajar
Ilustrasi doa belajar untuk ujian (Freepik)
12:34
16 Juli 2024

Jangan Ujian Sebelum Baca Ini! Kumpulan Doa Ampuh untuk Pelajar

Setiap yang akan menghadapi ujian tentunya akan belajar dengan tekun. Namun selain belajar, ada baiknya diimbangi juga dengan berdoa. Nah untuk selengkapnya, simak berikut ini bacaan doa belajar untuk ujian.

Diketahui bahwa ada banyak doa yang bisa dipanjatkan saat akan belajar menghadapi ujian. Anjuran berdoa ini merupakan amalan baik yang tercantum dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi. Adapun bunyi hadisnya sebagai berikut.

"Doa itu merupakan inti dari ibadah," (HR Imam Tirmidzi)

Selain dalam hadis, anjuran berdoa juga tercantum dalam Alquran surah Al Mu'min ayat 60 yang bunyi ayatnya sebagai berikut.

Baca Juga: Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal agar Dapat Keselamatan

Artinya:"Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." (Q.S. Al Mu’min: 60)

Nah bagi yang akan menghadapi ujian, ada beberapa bacaan doa yang bisa diamalkan. Melansir dari berbagai sumber, adapun bacaan doanya sebagai berikut:

Rabbi yassir wa a'in wa la tu'assir

Artinya: Wahai Tuhanku, mudahkanlah, bantulah (aku), jangan kau persulit.

Baca Juga: Bacaan Doa Sholat Dzuhur Sendiri, Lengkap dengan Bahasa Latin dan Artinya

 Idz awalfityatu ilalkahfi faqooluu rabbanaa aatinaa minladunka rahmatan wahayyi lanaa min amrina rasyadaa

Artinya: Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu, dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami. (QS. Al-Kahfi: 10)

Rabbisyah li sadri wa yassir li amri wahlul 'uqdatam mil lisani yafqahu qauli

Artinya: Ya Rabb-ku, lapangkanlah dadaku dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku agar mereka mengerti perkataanku. (QS. Thaha ayat 25-28)

Allahuma laa sahla illa maa ja'altahu sahlan wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlan

Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah, sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.

Rabbisy rahlii shadrii wa yassirlii amrii wahlul 'uqdatam mil lisaanii yafqahu qawli.

Artinya: "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.

Puasa Mutih

Salah satu amalan yang disarankan bagi pelajar yang ingin melakukan ujian adalah menjalankan puasa mutih. Berikut ini langkah-langkah puasa mutih:

  • Lakukan puasa mutih selama tiga hari berturut-turut, dimulai pada hari Selasa, kemudian dilanjutkan pada hari Rabu dan Kamis.
  • Niatkan puasa sunat mutlak ini karena Allah Ta’ala.
  • Puasa mutih berarti menghindari makanan yang enak saat berbuka, dengan hanya mengonsumsi nasi putih.

Dengan menjalankan puasa mutih, diharapkan siswa dapat lebih fokus dan tenang dalam menghadapi ujian. Praktik ini tidak hanya bertujuan untuk persiapan fisik, tetapi juga mental dan spiritual.

Demikian informasi mengenai bacaan belajar serta amalan untuk ujian yang perlu diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #jangan #ujian #sebelum #baca #kumpulan #ampuh #untuk #pelajar

KOMENTAR