Tips Patungan Belanja Online bersama Teman dan Keluarga, Pakai Aplikasi Ini
Ilustrasi belanja online (Freepik.com/tirachardz)
19:00
18 Januari 2024

Tips Patungan Belanja Online bersama Teman dan Keluarga, Pakai Aplikasi Ini

Kemajuan teknologi membuat tren belanja dan bayar online semakin meningkat. Pilihan metode pembayaran online pun makin beragam, mulai dari mobile banking hingga dompet digital. Jika kamu adalah orang yang lebih memilih belanja online dan sedang mencari metode pembayaran belanja online yang praktis juga tidak memberatkan, lima tips ini bisa diterapkan. 

1. Jangan Malu Split Bill

Tak jarang, kita harus iuran untuk melunasi belanjaan atau dikenal dengan istilah split bill. Untuk teman dekat, hal ini mungkin bukan sesuatu yang canggung. Pun dengan keluarga dan gebetan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjelaskan kondisi finansial. 

Menjelaskan kondisi keuangan menjadi hal yang gampang buat sesama teman dekat. Apalagi jika kamu hang out bersama keluarga yang benar – benar mengetahui kondisi finansialmu. Namun, jika kondisinya berkebalikan maka kamu bisa menegaskan dari awal bahwa kamu ingin iuran. Jelaskan kondisi finansial secara umum tanpa perlu merincikannya. 

2. Tetapkan Budget Bulanan

Tetapkan budget bulanan agar belanja online tak boncos. Budget tersebut merupakan limit yang boleh digunakan untuk sebulan belanja online. Kamu bisa meletakkannya di rekening terpisah agar jika kalap tak mengganggu manajemen keuanganmu. Jika ingin berbelanja dengan jumlah mahal, maka kamu bisa menggabungkan anggaran untuk dua bulan dengan menahan keinginan di bulan sebelumnya. 

3. Gunakan BRImo

Jika kamu sedang mencari aplikasi pembayaran agar belanja onlinemu makin mudah, maka BRImo adalah jawabannya. BRImo menyediakan layanan QRIS untuk mempermudah transaksi nontunai. Jika kamu berbelanja di marketplace, BRImo juga menyediakan layanan pembayaran untuk Tokopedia dan Shopee. Berikut langkah – langkah yang bisa dilakukan untuk pembayaran di marketpalce – marketplace tersebut. 

- Pilih produk di Bukalapak atau Shopee yang ingin kamu beli,

- Lanjutkan ke proses pembayaran,

- Pilih pembayaran dengan menggunakan BRIVA,

- Copy nomor virtual account dari aplikasi Bukalapak atau Shopee,

- Masuk ke aplikasi BRImo di HP masing-masing,

- Login dengan menggunakan username dan password,

- Masuk ke pilihan BRIVA ketika akan melakukan pembayaran,

- Paste nomor virtual account dari Bukalapak ke kolom yang tersedia,

- Periksa informasi pembayaran,

- Selesaikan pembayaran dengan mengisi PIN agar produk segera dikirimkan oleh pihak Bukalapak atau Shopee.

Di samping itu BRI memberikan fasilitas BRILink yang menjangkau kawasan – kawasan pelosok. BRILink ini bisa menyediakan fasilitas Transfer ke Sesama BRI, Transfer BRI ke Bank Lain, dan transfer Bank Lain ke BRI. Kemudian ada juga layanan Setor dan Tarik Tunai, Bayar Listrik,  Bayar Belanja Online, Setoran Pinjaman, dan Top Up Brizzi. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #tips #patungan #belanja #online #bersama #teman #keluarga #pakai #aplikasi

KOMENTAR