Investasi Cerdas, Ini yang Harus Diketahui Oleh Investor Pemula
Ilustrasi investasi; investor pemula [Envato]
11:36
30 Juni 2024

Investasi Cerdas, Ini yang Harus Diketahui Oleh Investor Pemula

Belajar investasi merupakan langkah krusial bagi para pemula yang ingin memaksimalkan potensi keuangan mereka. Dengan memahami seluk beluk investasi, investor pemula dapat mengambil keputusan yang lebih tepat dan terhindar dari risiko yang tidak perlu. 

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh para investor pemula:

1. Paham konsep dasar investasi

Langkah awal yang krusial adalah memahami konsep dasar investasi. Pelajari berbagai jenis instrumen investasi, seperti deposito, saham, reksadana, obligasi, dan emas. Masing-masing memiliki karakteristik, risiko, dan potensi keuntungan yang berbeda.

Baca Juga: Pegang Kendali, Investasi TikTok Dikhawatirkan Permudah Produk China Banjiri RI

2. Tentukan tujuan investasi

Penting untuk menentukan tujuan Anda berinvestasi. Apa yang ingin Anda capai dengan berinvestasi? Mengetahui tujuan, akan membantu Anda memilih instrumen investasi yang tepat.

3. Pilih platform terpercaya

Salah satu cara belajar investasi mudah adalah dengan memanfaatkan platform investasi seperti Pluang yang menyediakan akses praktis ke berbagai kelas aset melalui produk investasi mikro. 

Platform ini menawarkan program eksklusif Pluang Plus bagi Anda yang ingin dapat menikmati lebih banyak kemudahan, kenyamanan, dan berbagai penawaran menarik untuk memajukan pertumbuhan finansial.

Baca Juga: Luhut Binsar Panjaitan

Claudia Colonas, CEO & Cofounder Pluang. (Dok. Pluang)Claudia Colonas, CEO & Cofounder Pluang. (Dok. Pluang)

Menurut Claudia Kolonas, Co-Founder & CEO Pluang, hanya dalam waktu satu setengah tahun berjalan, bahkan selama kondisi pasar paling sulit pada tahun 2023, Pluang Plus masih menikmati pertumbuhan pesat di semua lini, mulai dari jumlah akuisisi pengguna, aset yang dikelola (AUM), nilai investasi bersih (NIV), dan terutama, kenaikan nilai transaksi kotor mingguan sebanyak 22x lipat. 

“Bukan hanya peluang pertumbuhan yang luar biasa, tetapi kami juga mendengar kisah-kisah luar biasa, terutama di kalangan investor dan trader muda yang umumnya berusia di bawah 30 tahun. Berkat konsistensi dan peningkatan keterampilan secara terus-menerus, mereka tidak hanya menghasilkan keuntungan seketika, tetapi juga mengejar mimpi seumur hidup mereka,” ujar Claudia.

Terus mengejar peningkatan literasi keuangan yang lebih baik, platform ini juga melakukan kolaborasi dengan Finfluencer (Financial Influencer) dan menyelenggarakan lokakarya secara offline untuk meningkatkan pengalaman para investor pemula.

Topik yang diberikan pun sangat relevan, seperti tips dan trik, wawasan terkini mengenai pasar, rekomendasi saham tertentu, dan informasi berharga lainnya yang dibutuhkan untuk membuat keputusan investasi yang tepat.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #investasi #cerdas #yang #harus #diketahui #oleh #investor #pemula

KOMENTAR