Profil Universitas Pramadina, Pernah Dipimpin Anies Baswedan dan Sohibul Iman: Benarkah Kampus Liberal?
PKS resmi mengusung Anies Baswedan dan Sohibul Iman untuk Pilkada Jakarta 2024. [Dok. PKS]
16:37
26 Juni 2024

Profil Universitas Pramadina, Pernah Dipimpin Anies Baswedan dan Sohibul Iman: Benarkah Kampus Liberal?

Profil Universitas Paramadina membuat publik penasaran, karena sempat menjadikan Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai rektor. Sejarah dan visi misi perguruan tinggi di Jakarta ini massif dicaritahu, benarkah termasuk kampus liberal?

Nama Anies Baswedan dan Sohibul Iman jadi sorotan karena digadang-gadang bakal memimpin DKI Jakarta sebagai gubernur dan wakil gubernur, jika terpilih dalam Pilkada 2024 kelak. Belakangan diketahui, keduanya sempat pernah sama-sama menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina.

Adapun Sohibul Iman menjadi rektor Universitas Paramadina pada 2006. Di tahun tersebut pendiri sekaligus pemilik universitas, Nurcholish Madjid alias Cak Nur meninggal dunia. Sohibul Iman sempat menolak tawaran pertama menjadi rektor, pada tawaran berikutnya barulah ia bersedia menjadi rektor.

Namun tidak berselang lama atau setahun berikutnya pada 2007, Anies Baswedan menjadi rektor Universitas Universitas Paramadina menggantikan posisi rektor sementara, Sohibul Iman. Saat itu Anies dengan jabatannya berhasil menjadi rektor termuda di Indonesia karena masih berusia 38 tahun.

Baca Juga: PKS Buka Peluang Koalisi Bareng PDIP di Pilkada Jakarta: Syaratnya Total Dukung Anies-Sohibul Iman

Lantas seperti apa sih profil dan sejarah Universitas Paramadina. Berikut ini rangkuman suara.com, Rabu (26/6/2024).

Universitas Paramadina didirikan pada tahun 1998 oleh Nurcholish Madjid alias Cak Nur, seorang cendekiawan Muslim terkemuka di Indonesia. Salah satu kampus di Jakarta ini berdiri karena keprihatinan Cak Nur terhadap kondisi umat Islam Indonesia yang masih tertinggal dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Menariknya, gagasan pendirian kampus ini bermulai dari Cak Nur dan kawan-kawan yang kerap beraktivitas di Yayasan Wakaf Paramadina, sebuah lembaga pendidikan dan pencerahan umat yang didirikan pada tahun 1986.

Pada 1994, Cak Nur dan beberapa tokoh lainnya mendirikan Yayasan Paramadina-Mulya, yang kemudian menjadi cikal bakal Universitas Paramadina. Universitas Paramadina resmi berdiri pada tanggal 17 Agustus 1998, dengan Cak Nur sebagai rektor pertamanya.

Universitas Paramadina memiliki 3 fakultas ekonomi dan syariah, ilmu rekayasa, falsafah dan peradaban. Total program studi sarjana terdapat 8 jurusan dan 4 program studi pascasarjana:

Baca Juga: PDIP Ucapkan Selamat ke PKS Resmi Usung Anies-Sohibul Iman, Ini Pernyataan Lengkapnya

Adapun beberapa alumni Universitas Paramadina dengan sosok ternama yaitu Anies Baswedan, Najwa Shihab, Aktris Putri Ayunda dan Pendiri Hijab Quad, Febriana Indirani.

Netizen sebut Universitas Paramadina kampus islam liberal

Meski kampus ini didirikan karena melihat pendidikan umat islam Indonesia yang tertinggal, tapi ternyata banyak netizen yang percaya salah satu kampus swasta ternama Indonesia ini memiliki paham islam liberal.

Paham ini tidak lepas dari sisi Cak Nur, Sang Pendiri Paramadina dipecaya netizen memiliki pemikiran liberal, padahal ia adalah cendikiawan muslim sekaligus rektor pertama kampus tersebut.

Islam liberal adalah menggambarkan pemikiran atau gerakan dalam Islam yang menekankan pada kebebasan individu dan interpretasi modern terhadap ajaran Islam.

Para penganut islam liberal ini percaya bahwa islam bisa relevan di dunia modern dengan penafsiran yang lebih terbuka dan fleksibel.

"Fun fact, Anies pernah jadi Rektor Paramadina ke-3, kampus yang didirikan oleh alm Nurcholish Madjid, pelopor firqah liberal di Indonesia sekaligus Rektor pertama Paramadina," komentar @dhupan.

"Anies itu adalah mantan rektor Paramadina, kampus liberal yang didirikan pengusung Islam liberal di Indonesia: Prof. Nurcholish Madjid," ungkap @saidiman.

"Yang tau Paramadina itu "liberal" palingan yang update tentang perpolitikan apalagi politik kampus," komentar @gentrifybimbo.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #profil #universitas #pramadina #pernah #dipimpin #anies #baswedan #sohibul #iman #benarkah #kampus #liberal

KOMENTAR