Kronologi HRD di Morowali Diduga Dipecat Usai Tegur Calon Karyawan yang Merokok
Kronologi HRD di Morowali Dipecat Usai Tegur Calon Karyawan Merokok (Tiktok)
16:00
25 Juni 2024

Kronologi HRD di Morowali Diduga Dipecat Usai Tegur Calon Karyawan yang Merokok

Kasus teguran yang dilakukan oleh HRD PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Zen Isa Kresna terhadap calon karyawan IMIP, I Made Diana berbuntut panjang.

Setelah video teguran Zen viral di media sosial, kini statusnya sebagai pegawai IMIP diduga sudah dinonaktifkan atau dipecat.

Kasus teguran terhadap karyawan IMIP yang merokok di kawasan yang dilarang untuk merokok ini menjadi viral di media sosial.

Namun, sikap Zen itu justru mendapatkan dukungan publik dan menyalahkan calon karyawan yang merokok bukan pada tempatnya. 

Baca Juga: Calon Pekerja Perempuan Harus Tanya 3 Hal Ini ke HRD Sebelum Kerja

Lalu, apa yang sebenarnya terjadi? Simak inilah penjelasan selengkapnya.

Kronologi kejadian

Kasus teguran keras ini bermula ketika sang calon karyawan, I Made Diana sedang menunggu giliran bersama para peserta tes untuk menjalani rangkaian perekrutan yang dilaksanakan oleh PT IMIP beberapa waktu yang lalu. Dalam video tersebut, Made terlihat asyik merokok di dalam ruangan yang terdapat larangan untuk merokok.

Seolah tak menghiraukan peraturan tersebut, Made didatangi oleh Zen, HRD yang bertugas untuk merekrut karyawan-karyawan baru PT IMIP. Melihat sikap Made yang melanggar aturan, Zen langsung menegur keras calon karyawan tersebut.

"Sini ID Cardmu! Sini!," ucap Zen dengan sedikit bentakan kepada Made.

Baca Juga: Viral Pelecehan Seksual HR di LinkedIn, Pelaku Kini Terancam Kehilangan Pekerjaan

Made sempat berlutut kepada Zen dengan memohon maaf atas tindakannya. Zen yang murka tetap meminta ID Card Made untuk diproses.

"Kamu gak layak kerja di sini, kamu udah jadi sampah disini tau gak!," teriak Zen.

Sontak, hal ini membuat para peserta tes lainnya ikut ciut. Made terlihat terus-terusan berlutut dan meminta maaf kepada Zen. Namun, Zen terus menolak permintaan maafnya dan merampas ID Card milik Made.

Aksi kejar-kejaran antara Made dan Zen pun sempat terekam kamera pegawai lainnya. Usai kejadian tersebut, video teguran Zen pun viral di media sosial dan banyak mendapat atensi publik.

Banyak warganet yang menilai sikap Zen adalah wajar, terlebih lagi pekerjaan utama Zen sebagai HRD juga mengawasi gerak gerik para pegawai termasuk memproses secara tegas segala pelanggaran. Namun sayangnya, pihak perusahaan IMIP sendiri menganggap tindakan Zen keliru.

Setelah video tersebut viral, Zen dan Made langsung membuat video klarifikasi dan permintaan maaf atas tindakan keduanya. Sayangnya, Zen malah dinonaktifkan oleh perusahaan dan Made malah diterima sebagai pegawai di perusahaan naungan IMIP.

Sikap perusahaan kini menjadi sorotan publik. Pihak perusahaan mengaku bahwa Made sendiri sudah masuk dalam catatan perusahaan atas sikapnya yang merokok di dalam ruangan. Kendati demikian, perusahaan juga tidak membenarkan aksi teguran Zen terhadap calon karyawan perusahaan.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #kronologi #morowali #diduga #dipecat #usai #tegur #calon #karyawan #yang #merokok

KOMENTAR