Lukman Sardi Pindah Kristen usai Umrah, Ungkap Pesan Kakek soal Kasih Tuhan
Lukman Sardi saat ditemui saat Preskon series Menggapai Ikatan Cinta di Jakarta, Jumat (9/9). [Suara.com/Oke Atmaja]
10:59
20 Juni 2024

Lukman Sardi Pindah Kristen usai Umrah, Ungkap Pesan Kakek soal Kasih Tuhan

Aktor kawakan dan sutradara Lukman Sardi awalnya merupakan seorang Muslim, namun mantap pindah agama Kristen pada tahun 2014 silam.

Pemain film Sang Pencerah mengaku keluar agama Islam setelah pulang umrah. Ketika itu tidak disangka-sangka, ia malah mendapatkan hadiah pergi umrah secara gratis.

"Sampai besokannya gue sadar ini jawaban doa gue. Gue ikut film Nagabonar Jadi 2 dan itu box office. Dia ngasih bonus umrah. Padahal gue lagi dalam perjalanan (spiritual) ini," terang Lukman di kanal Youtube Daniel Mananta Network.

Lukman Sardi dalam monolog Lukman Sardi dalam monolog "Senandung di Ujung Revolusi". [Dok.Antara]

Pria 52 tahun ini memang hidup di tengah-tengah keluarga dengan agama berbeda. Ia menyebut seseorang yang memberinya pengaruh untuk mantap berpindah agama. 

Baca Juga: Kini Mantap Berhijrah, Penyanyi Tere Ungkap Pergolakan Batin Pindah Agama Islam

Ternyata sosok yang dimaksud Lukman Sardi adalah kakeknya yang berpesan soal kekuatan kasih Tuhan dalam Alkitab. Lukman kemudian memutuskan untuk menjadi seorang umat kristiani beberapa tahun silam.

Lukman tetap berangkat umrah. Namun, saat menjalani tawaf di Kabah, ia malah terbawa emosi mengingat kesulitan menyentuh hajar aswad.

"Gue jalanin umrah sebagai umat Islam. Pas tawaf itu gue ngerasa bukan hal yang mudah untuk sampai di ujung. Semua emosi gue marah banget karena gue nggak nyampe-nyampe gue kata-katain semua orang," tambahnya.

Lukman Sardi mengingat ucapan sang kakek untuk terus menyebar kasih. Di sini, dia merasa mendapat hidayah Tuhan. 

"Sampai akhirnya gue diingetin tulisan Opa (panggilan kakek) gue tentang kasih itu. Akhirnya gue diem dulu, gue jalanin konsep dulu. Ada orang yang lewat gue kasih, tiba-tiba gue nggak sadar, gue sudah di ujung," ujar Lukman Sardi.

Baca Juga: Cerita Kakak Alyssa Soebandono Pindah Agama Kristen, Sempat Ditolak Tak Dianggap Keluarga

"Gue nyium dan dikasih waktu ekstra terus gue nangis sejadi-jadinya. Itu kasih yang gue cari," lanjutnya.

Sepulang dari umrah, Lukman Sardi memantapkan diri untuk pindah agama. Hanya saja dia masih menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkannya.

"Makanya waktu gue pulang walau dari umrah itu konsep kasih yang luar biasa. Akhirnya gue pulang lumayan bulat bahwa ini yang gue jalani," jelasnya.

Editor: Eko Faizin

Tag:  #lukman #sardi #pindah #kristen #usai #umrah #ungkap #pesan #kakek #soal #kasih #tuhan

KOMENTAR