Kenapa Babarsari Jogja Dijuluki Gotham City? Ternyata Ini Asal-usulnya
Suasana Babarsari, Sleman, Yogyakarta saat terjadi kericuhan. (Instagram/@diskondijogja)
10:56
19 Juni 2024

Kenapa Babarsari Jogja Dijuluki Gotham City? Ternyata Ini Asal-usulnya

Kawasan Babarsari, di wilayah Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali menjadi sorotan publik. Kata kunci "Babarsari" bahkan terpantau menjadi trending topic di X hingga Rabu (19/6/2024).

Hal itu buntut dari keributan yang terjadi di salah satu tempat karaoke, pada Sabtu (2/6/2024) lalu. Polisi menyebut, kericuhan terjadi antara kelompok pria berinisial L dengan kelompok K.

Akibat kerusuhan itu, sejumlah fasilitas karaoke dan kendaraan bermotor mengalami kerusakan dan beberapa orang terluka.

Kasus itu lantas ramai dibicarakan warganet di media sosial. Tak sedikit yang mengunggah foto dan video saat kericuhan antar dua kelompok itu pecah.

Baca Juga: Tolak Blokir X Trending, Warganet Minta Kominfo Fokus Urusi Judi Online

Ternyata kerusuhan tanggal 2 Juli lalu, bukanlah yang pertama kali terjadi di Babarsari. Kerusuhan tersebut hanya menambah panjang daftar kejadian serupa sebelumnya.

Dan karena itu pula, daerah Babarsari kini mendapat julukan sebagai Gotham City, yakni sebuah kota dalam kisah pahlawan super Batman, yang banyak terdapat kejahatan.

Lantas kerusuhan apa saja yang pernah terjadi di Babarsari? Berikut ulasannya

Babarsari dikenal sebagai wilayah yang majemuk. Penduduknya bukan hanya warga asli, namun juga banyak pendatang.

Hal ini lantaran di Babarsari dekat dengan beberapa universitas, sehingga ikut menumbuhkan hadirnya rumah kos, usaha kecil, warung hingga tempat hibiran seperti karaoke.

Baca Juga: Awal Mula Ashanty dan Anang Jadi Penampil di Laga Timnas Indonesia, Malah Berakhir Disoraki

Percampuran antara warga asli dan pendatang yang berbeda latar belakang ini yang kerap kali memicu gesekan hingga terjadi kericuhan.

Kerusuhan tahun 2012 dan 2018

Pada 2012 dan 2018, pernah terjadi kericuhan antara warga setempat dan warga pendatang. Kedua kericuhan itu dipicu masalah segelintir orang sana.

Namun masalah itu meluas dan gesekannya meluas hingga menyulut lebih banyak orang sehingga terjadi bentrokan.

Kerusuhan tahun 2020

Bentrokan di Babarsari tak melulu dipicu gesekan antara warga setempat dengan pendatang. Pada 2020, pernah terjadi bentrokan antara komunitas ojek online dengan debt collector.

Peristiwa itu berawal dari dari tukang ojol yang diadang debt collector di jalan. Kejadian itu merembet menjadi kericuhan setelah pengemudi ojol itu mendatangi kantor debt collector.

Kerusuhan tahun 2022

Pada Juli 2022, pernah terjadi kerusuhan di Babarsari dan sempat viral di media sosial. Perseteruan terjadi di sebuah tempat karaoke, dipicu adanya pengunjung yang tidak bayar.

Hal itu lantas memicu perseteruan antara sesama warga, hingga terjadi pembakaran toko mebel, beberapa kendaraan bermotor dan sejumlah orang cidera.

Tak hanya dijuluki sebagai Gotham City, ada juga orang orang yang melesetkan nama Babarsari menjadi ‘Barbarsari’, mengacu pada istilah barbar yang bermakna negatif, seperti tak beradab.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #kenapa #babarsari #jogja #dijuluki #gotham #city #ternyata #asal #usulnya

KOMENTAR