Kenapa Habis Makan Daging Pusing? Ketahui Penyebab hingga Cara Mengatasinya
Kenapa Habis Makan Daging Pusing? (Freepik)
19:00
18 Juni 2024

Kenapa Habis Makan Daging Pusing? Ketahui Penyebab hingga Cara Mengatasinya

Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban identik dengan hidangan menu berbahan dasar daging sapi dan daging kambing. Namun tak jarang, sebagian orang merasa pusing setelah makan olahan berbahan daging apalagi yang memiliki riwayat darah tinggi dan kolesterol. Pertanyaannya, kenapa habis makan daging pusing? 

Biasanya, daging kurban akan diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat, mulai dari rendang, semur, sate, tongseng, gulai, soto dan lain sebagainya. Berbagai olahan ini terasa sangat nikmat apalagi jika dimakan bersama-sama keluarga atau teman. 

Diketahui daging sapi dan kambing mengandung protein tinggi sehingga baik dikonsumsi dalam jumlah yang cukup untuk mengoptimalkan kerja daya tahan tubuh. Akan tetapi, bagi sebagian orang, konsumsi daging merah justru bisa menimbulkan efek samping yang memengaruhi daya tahan tubuh, seperti sakit kepala dan pusing.  

Penyebab Pusing Habis Makan Daging 

Kepala yang terasa pusing setelah makan daging adalag salah satu kondisi yang cukup sering dialami oleh beberapa orang. Ada sejumlah kondisi medis yang dapat menyebabkan seseorang pusing usai makan daging, misalnya: 

Baca Juga: 10 Pantangan Setelah Makan Daging Sapi dan Kambing, Jangan Minum Es Teh!

1. Alergi Daging 

Penyebab pertama kepala terasa pusing setelah makan daging kambing atau sapi karena alergi daging. Kondisi tersebut terjadi karena tubuh menghasilkan senyawa kimia bernama histamin secara berlebihan beberapa saat setelah mengonsumsi daging merah, di mana senyawa kimia ini bisa menyebabkan gejala berupa sakit kepala atau pusing. 

Tak sampai di situ, alergi daging biasanya juga disertai dengan beberapa gejala lain, seperti mual, mutah, bersin-bersin, kulit gatal, kulit kemerahan, hingga urtikaria atau biduran. 

2. Keracunan Makanan

Makan olahan daging yang sebelumnya telah terkontaminasi oleh bakteri, seperti Salmonella, Listeria, atau E. coli, bisa berisiko membuat seseorang mengalami keracunan makanan. Kondisi tersebut biea ditandai dengan gejala berupa sakit kepala, sakit perut, mual, muntah, hingga diare. 

Bila seseorang mengalami keracunan usai mengonsumsi daging maka mereka memerlukan penanganan yang tepat dan segera. Sebab jika tidak segera ditangani maka bisa berisiko menimbulkan sejumlah komplikasi, seperti dehidrasi sampai sindrom uremik hemolitik. 

3. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Kandungan lemak jenuh dan garam yang cukup tinggi dalam olahan daging merah diketahui bisa meningkatkan kadar kolesterol hingga penumpukan cairan di pada tubuh, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. 

Baca Juga: Setelah Makan Daging Sebaiknya Makan Buah Apa? Konsumsi Ini Penetralisir Sajian Idul Adha

Jika kondisi ini dibiarkan, maka kolesterol bisa memicu penumpukan plak lemak sehingga membuat penyempitan pada pembuluh darah. Tak hanya itu, kadar garam yang tinggi dalam tubuh juga dapat memicu peningkatan jumlah cairan tubuh pada sirkulasi darah sehingga bisa jadi penyebab tekanan darah. Kondisi ini yang kemudian membuat orang mengalami hipertensi yang menimbulkan gejala sakit kepala usai mengonsumsi daging secara berlebihan. 

 4. Efek Samping Tiramin

Penyebab kepala pusing habis makan daging kambing, sapi, atau daging merah selanjutnya  karena efek samping tiramin. Diketahui tiranium merupakan senyawa yang banyak ditemukan dalam sumber protein hewani dan nabati melalui proses pengolahan sebuah makanan. 

Titanium sendiri diketahui bisa memicu produksi hormon epinefrin di dalam tubuh. Hingga detak jantung dan tekanan darah bisa meningkat dan dapat memicu migrain, hipertensi, atau penyakit jantung.  

5. Kelainan Sendi Temporomandibular (TMJ)

Daging merah biasanya memiliki struktur dan konsistensi yang padat dan agak kenyal. Sehingga, ketika mengunyah dibutuhkan usaha yang lebih. Hal ini bisa memengaruhi struktur dan fungsi sendi Temporomandibular atay TMJ, sehingga bisa terjadi dislokasi sendi yang membuat nyeri pada kepala.  

Bahaya Setelah Makan Daging dalam Jumlah Berlebih 

Segala sesuatu yang dikonsimsi secara berlebihan tentunya tidak baik bagi tubuh. Begitu pula dengan konsumsi daging merah yang sebetulnya menyehatkan, bisa jadi berisiko bila berlebihan. Terutama jika yang dikonsumsi merupakan daging olahan. 

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi daging merah dalam jumlah banyak bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Para ahli juga percaya jika hubungan antara konsumsi daging merah dan penyakit jantung banyaj disebabkan karena lemak jenuh yang terkandung di dalamnya. 

Konsumsi daging merah berlebihan juga disebut bisa menyebabkan kanker. disebutkan bila ada potensi bahan makanan ini untuk menyebabkan penyakit kanker. Akan tetapi, risiko kanker lebih besar pada konsumsi daging olahan yang berlebihan.  

Cara Mengatasi Pusing Habis Makan Daging 

Sebenarnya, cara mengatasi kepala pusing usai makan daging perlu disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. Akan tetapi, bila gejala yang muncul cenderung bersifat ringan, seperti kepala pusing karena makan daging bisa diatasi melalui beberapa cara berikut ini. 

1. Duduk dan berbaring di tempat yang nyaman. 

2. Istirahat yang cukup. 

3. Membatasi konsumsi makanan yang berlemak dan mengandung tinggi garam. 

4. Minum air putih yang cukup untuk menjaga tekanan darah tetap normal. 

5. Menghindari konsumsi makanan olahan terlebih dahulu karena berisiko meningkatkan tekanan darah yang dapat memperburuk kondisi. 

6. Menghindari aktivitas berat untuk sementara waktu. 

Sebagai informasi, jika kepala terasa pusing yang disebabkan karena alergi daging, disarankan untuk segera mengunjungi dokter guna mendapatkan obat antialergi. 

Demikian tadi ulasan tentang kenapa habis makan daging pusing. Semoga bermanfaat! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #kenapa #habis #makan #daging #pusing #ketahui #penyebab #hingga #cara #mengatasinya

KOMENTAR