Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat, Panduan Lengkap untuk Idul Adha 2024
Pedagang merawat sapi kurban di kawasan Karet Tengsin, Jakarta, Kamis (30/5/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
18:55
14 Juni 2024

Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat, Panduan Lengkap untuk Idul Adha 2024

Tips memilih hewan kurban yang sehat perlu diperhatikan ketika Anda ingin berkurban di Hari Raya Idul Adha 2024.

Sebagaimana diketahui, Hari Raya Idul Adha 2024 tinggal menghitung hari. Pada momen Idul Adha akan banyak orang akan menyembelih kambing, sapi atau hewan kurban lainnya. 

Perintah berkurban di dalam al-Qur’an terdapat di berbagai surat/ayat, antara lain dalam surat al-Kautsar (108) ayat 2; surat al-Hajj (22) ayat 34-35 dan ayat 36; serta surat ash-Shaffat ayat 102-107.

Bukan hanya itu, anjuran berkurban bagi umat muslim juga bisa dilihat dari penjelasan dari Nabi shallallahu ‘alaihi  wa sallam dalam berbagai sabdanya yang bisa dibaca dalam kitab shahih al-Bukhari, Muslim, dan dalam kitab-kitab sunan dan kitab musnad.

Baca Juga: 10 Ucapan Idul Adha 2024 Penuh Makna untuk Postingan Media Sosial

Di dalam surat al-Kautsar (108) ayat 2 Allah berfirman:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ. [الكوثر (108): 2]

Artinya: “Maka shalatlah engkau karena Tuhanmu dan berkurbanlah.” [QS. al-Kautsar (108): 2]

Di dalam surat al-Hajj (22) ayat 34-35, Allah berfirman:

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ اْلأَنْعَامِ فَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ. الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَالصَّابِرِينَ عَلَى مَا أَصَابَهُمْ وَالْمُقِيمِي الصَّلاَةِ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ. [الحج (22): 34-35]

Baca Juga: Semarakkan Hari Raya Idul Adha 2024 dengan Twibbon: 20 Desain Menarik untuk Dipilih

 Artinya: “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan sembahyang dan orang-orang yang menafkahkan sebagian dari apa yang telah Kami rezkikan kepada mereka.” [QS. al-Hajj (22): 34-35]

Berkurban tidak boleh sembarangan

Meski demikian, berkurban tidak boleh sembarangan. Bahkan, ada Hadist yang telah menjelaskan bagaimana cara memilih hewan

Dari Jabir r.a, Rasulullah saw bersabda : “janganlah kamu menyembelih (kurban) selain mutsinnah. Kecuali jika kamu kesulitan, maka boleh menyembelih jadza’ah (H.R Muslim).

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara memilih hewan kurban:

1. Pastikan hewan kurbannya termasuk mutsinnah

Tips pertama yang harus dilakukan adalah dengan memastikan hewan kurban yang dipilih termasuk mutsinnah. Hewan yang termasuk mutsinnah adalah:

  • Unta telah berumur 5 tahun.
  • Sapi atau kerbau telah berumur 2 tahun.
  • Domba, kambing atau biri-biri telah berumur 1 tahun.

2. Usia hewan kurban

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga perlu memastikan bahwa hewan kurban tersebut sudah cukup umur. Umur yang disyaratkan memenuhi kriteria kurban adalah yang minimal berumur 1 tahun. 

Kemudian, jika Anda ingin berkurban sapi atau kerbau, maka umur yang masuk kriteria kurban adalah 2 tahun.

Untuk bisa mengetahui usia hewan kurban, Anda bisa meminta sertifikat kelahiran dari peternak. Sebab peternak yang khusus melayani kurban sebagian besar akan memilih sertifikat ini.

3. Tidak cacat

Syarat ketiga yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi hewan kurban. Pastikan hewan yang Anda kurbankan memiliki fisik yang sehat dan tidak cacat.

Bahkan, Anda harus memeriksa kesehatan hewan kurban tersebut. Semua kaki dan telinga harus lengkap karena hal itulah yang akan Anda persembahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

4. Tidak kurus

Tips selanjutnya yakni memilih hewan kurban yang gemuk dan tidak kurus. Pastikan bahwa hewan tersebut memiliki cukup banyak daging untuk dibagikan pada saat Idul Adha.

Itulah beberapa tips memilih hewan kurban yang sehat. Pastikan Anda memperhatikan kesehatan hewan sebelum menjadikannya kurban.

Kontributor : Damai Lestari

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #tips #memilih #hewan #kurban #yang #sehat #panduan #lengkap #untuk #idul #adha #2024

KOMENTAR