Beda Fasilitas Haji Gratis Wirda Mansur vs Haji Furoda Raffi Ahmad: dari Harga Hotel hingga Transportasi
Kolase Wirda Mansur dan Raffi Ahmad-Nagita Slavina. (Instagram)
12:32
14 Juni 2024

Beda Fasilitas Haji Gratis Wirda Mansur vs Haji Furoda Raffi Ahmad: dari Harga Hotel hingga Transportasi

Tahun ini, beberapa figur publik pergi menunaikan ibadah haji melalui undangan dari Kerajaan Arab Saudi. Di antaranya, Wirda Mansur dan Risty Tagor yang diberikan haji secara gratis.

Sementara itu, Raffi Ahmad beserta Nagita Slavina dan keluarganya memilih pergi ke Tanah Suci melalui haji furoda. Dengan paket perjalanan ini, seseorang tak perlu antri, namun biayanya tinggi.

Meski begitu, baik haji secara gratis maupun furoda sama-sama dimanjakan oleh fasilitas mewah. Namun, tetap ada perbedaan dari keduanya yang telah terangkum. Berikut informasinya.

Fasilitas Haji Gratis Wirda Mansur

Baca Juga: Beda dari Raffi Ahmad, Rafathar Malah Gak Mau Punya Instagram Pribadi?

Wirda Mansur. (Instagram/wirda_mansur)Wirda Mansur. (Instagram/wirda_mansur)

Begitu tiba di Tanah Suci, Wirda dan rombongan haji lainnya disambut oleh Chevrolet Suburban. Mobil ini termasuk mewah karena dibanderol dengan harga Rp962 juta hingga Rp 1 miliar.

Selain itu, jemaah haji diberi fasilitas penginapan di The Hotel Galleria Jeddah. Biaya sewa per malam untuk King Guest Room sekitar Rp2,5 juta, sedangkan kamar King Executive Room Rp3,2 juta.

Para jemaah pun turut menerima pendamping wisata (tour guide) yang akan menemani mereka sepanjan menunaikan ibadah haji. Biaya untuk jasa ini sekitar Rp8,3 juta - Rp294 juta.

Fasilitas yang akan diterima jemaah dari haji gratis itu juga mengunjungi pabrik pengemasan air zamzam milik Kerajaan, Al Zamazameh Corporation. Tempat pengelolaan ini terletak di Mekkah.

Pabrik itu bertanggung jawab atas produksi air zamzam yang dikemas dan sering dibawa oleh jemaah haji dari seluruh dunia. Saat ke sana, Risty, Wirda, dan lainnya disambut hangat.

Baca Juga: Kisah Nagita Slavina Naik Haji di Usia 18 Tahun, Lalu Tolak Undangan Raja Salman

Dalam kesempatan itu, mereka mengunjungi ruangan yang menjelaskan sejarah sumur zamzam di Masjidil Haram. Mulai dari asal-usulnya sampai pengemasannya yang siap dikonsumsi.

Fasilitas Haji Furoda Raffi Ahmad

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina di Tanah Suci. (Instagram/priotralala)Raffi Ahmad dan Nagita Slavina di Tanah Suci. (Instagram/priotralala)

Raffi Ahmad juga pernah ditawari haji gratis oleh Kerajaan Arab Saudi. Namun, ia menolak karena saat itu Rayyanza masih kecil. Ibadah ini pun akhirnya dipenuhi Raffi tahun ini melalui jalur haji furoda.

Ia diketahui membeli paket haji furoda Luxury dengan biaya lebih dari Rp500 juta per orang. Paket ini untuk dirinya sendiri, Nagita Slavina, beberapa anggota keluarga, dan tiga karyawan lama RANS.

Salah satu fasilitas yang termasuk dalam paket itu adalah penginapan di hotel bintang 5. Raffi beserta rombongannya tampak menginap di InterContinental Dar Al Tawhid Makkah.

Menurut berbagai sumber, hotel yang ditempati Raffi itu terletak sangat dekat dengan Masjidil Haram. Jaraknya sendiri terpantau sekitar 422 meter dan ini menjadi keunggulan dari hotel tersebut.

Untuk kamarnya, dilengkapi dengan dua tempat tidur single, lemari besar serta televisi yang ada terletak di depan ranjang. Bukan hanya itu, di dalamnya juga terdapat amar mandi mewah.

Adapun harga sewanya sangat tinggi, yakni mencapai Rp6,7 juta pada akhir Juni 2024. Harga ini dianggap sepadan dengan jarak ke Ka'bah yang dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

Sementara itu, menurut Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH), Muhammad Firman Taufik, biaya untuk menjalani haji furoda pada tahun 2024 ini cukup bervariasi.

Hal itu tergantung pada paket yang ditawarkan oleh Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Khusus (PIHK). Biayanya sekitar USD$ 23 ribu - US$ 60 ribu atau setara Rp 373,9 juta - Rp 975,3 juta.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #fasilitas #haji #gratis #wirda #mansur #haji #furoda #raffi #ahmad #dari #harga #hotel #hingga #transportasi

KOMENTAR