Workcation Idaman Gen Z, Ini 3 Destinasi ASEAN yang Bikin Produktif Bekerja
Ilustrasi work from anywhere. (Freepik)
16:58
10 Juni 2024

Workcation Idaman Gen Z, Ini 3 Destinasi ASEAN yang Bikin Produktif Bekerja

Tren work from anywhere (WFA) semakin populer di kalangan gen Z, memberi mereka kesempatan untuk menggabungkan pekerjaan dan pengalaman jalan-jalan, menjelajahi dunia sambil tetap produktif.

Berdasarkan Deloitte’s Gen Z and Millennial Survey 2023, mayoritas Gen-Z memilih bekerja dari jarak jauh karena berdampak positif pada peningkatan produktivitas dan kesehatan mental.

Selain kedai kopi terdekat, work from anywhere di luar kota atau keluar negeri bisa menjadi opsi bagi mereka yang ingin bekerja sambil melepas penat. Namun, kenyamanan ini turut diiringi dengan konsekuensi biaya transportasi hingga akomodasi.

ASEAN, dengan beragam budayanya yang kaya, alam yang indah, dan infrastruktur yang berkembang, menawarkan banyak pilihan menarik bagi Gen Z yang ingin WFA dengan budget yang ramah.

Baca Juga: Apa Itu Kepo? Istilah Bahasa Gaul yang Sering Dipakai Milenial dan Gen Z

Berikut 3 destinasi di ASEAN yang cocok untuk para Gen Z bekerja, rekomendari dari AirAsia MOVE.

1. Bali, Indonesia

Eksotisme Pulau Bali bukan hanya soal wisata. Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat banyak digital nomads dari seluruh belahan dunia yang memilih tinggal dan bekerja jarak jauh dari Bali. Bagi Anda yang berminat WFA dari Bali, sejumlah pilihan hotel budget-friendly yang bisa ditemukan di sana, antara lain Liberta Hotel Seminyak, Kamaniiya Petitenget Seminyak, BLoO Bali Hotel, dan lainnya.

2. Chiang Mai, Thailand

Chiang Mai di Thailand Utara memiliki komunitas digital nomads terbesar di dunia. Bukan tanpa alasan, kota ini memberikan satu paket lengkap bagi para pekerja WFA. Pemandangan alam pegunungan yang indah, kafe dengan internet berkecepatan tinggi, juga biaya hidup yang terjangkau.

Baca Juga: Lion Parcel Andalkan Gen Z untuk Kembangkan Bisnis

3. Pulau Penang, Malaysia

Pulau Penang lebih banyak dikunjungi masyarakat Indonesia untuk tujuan medis. Padahal, Penang merupakan sebuah opsi menarik untuk berlibur, maupun mereka yang hendak bekerja jarak jauh. Pada akhir pekan, Anda bisa healing sejenak menjelajahi berbagai destinasi cantik, seperti George Town, Penang Hill, Kek Lok Si Temple, Pantai Batu Ferringhi, dan masih banyak lagi. Untuk pilihan akomodasi, pilihannya adalah Tune Hotel George Town, Kim Haus Loft, The Journey Hotel, dan lainnya.

Bagaimana, siap untuk work from anywhere tahun ini?

Editor: Vania Rossa

Tag:  #workcation #idaman #destinasi #asean #yang #bikin #produktif #bekerja

KOMENTAR