Viral Debat di Rapat, Ini Adu Latar Belakang Pendidikan Nadiem Makarim vs. Anita Jacoba Gah
Kolase foto Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim dan Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Demokrat, Anita Jacob Gah. (TikTok/@chaneloposisi)
19:26
7 Juni 2024

Viral Debat di Rapat, Ini Adu Latar Belakang Pendidikan Nadiem Makarim vs. Anita Jacoba Gah

Baru-baru ini seorang anggota DPR, Anita Jacoba Gah viral usai videonya bentak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) RI, Nadiem Makarim saat rapat Komisi X DPR. Diketahui, Anita Jacoba Gah memberikan kritik keras atas pengajuan tambahan anggaran dana.

Pasalnya, menurut Anita Jacoba Gah, laporan terkait anggaran dana pendidikan selalu bagus. Namun, fakta lapangannya hal itu masih banyak masalah. Ia justru menantang agar Nadiem Makarim dapat turun ke lapangan melihat rakyat terkait penggunaan dana pendidikan selama ini.

"Apa Anda pikir semua kepala dinas bersih? oh tidak. Mari kita buktikan, mari kita turun kita buktikan, kita tanya jangan sama kepala dinas. Tanya sama penerima PIP. Itu baru bisa dapat jawabannya. Kalau Anda hanya turun-turun hanya di dinas semua jawabannya bagus, bagus," teriak Anita dalam video yang diunggah kembali akun TikTok @chaneloposisi, Kamis (6/6/2024).

"Tapi coba turun ke rakyat, turun ke penerima orang tua, kalau enggak lihat itu orang tua punya air mata, omong kosong. Nama ada, SK ada, uang nol!" lanjutnya.

Baca Juga: Spill Kekayaan Anggota DPR Anita: Bak Bumi dan Langit dengan Harta Kadisdik Kota Bekasi

Video tersebut langsung membuat Anita Jacoba Gah mendapat banyak pujian warganet. Bahkan, warganet menilai kalau Anita Jacoba Gah lebih berpendidikan dan cocok menjadi Mendikbud Ristek dibanding Nadiem Makarim.

Sebab hal tersebut, pendidikan antara Nadiem Makarim dan Anita Jacoba Gah jadi perhatian. Lantas bagaimana latar belakang pendidikan keduanya?

Mendikbudristek Nadiem Makarim saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024). [Tangkapan layar TV Parlemen]Mendikbudristek Nadiem Makarim saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024). [Tangkapan layar TV Parlemen]

Pendidikan Nadiem Makarim

Sejak SMA, Nadiem Makarim menempuh pendidikan di luar negeri yakni, pendidikan SMA di United World College of Southeast Asia di Singapura. Setelah itu, ia melanjutkannya ke Brown University, Amerika Serikat. Nadiem kala itu mengambil jurusan International Relations.

Tidak berhenti di sana, ia juga sempat ikut pertukaran pelajar di London School of Economics. Setelah itu, ia resmi mendapat gelar Bachelor of Arts (BA) dari Brown University.

Baca Juga: Anita Jacoba Gah

Setelah lulus, Nadiem Makarim memutuskan untuk bekerja terlebih dahulu. Namun, ia kembali melanjutkan pendidikannya di Harvard Business School dengan jurusan Administrasi Bisnis hingga mendapat gelar MBA.

Anggota Komisi X DPR RI Anita Jacoba Gah mengkritik Menteri Nadiem Makarim. (tangkapan layar/ist)Anggota Komisi X DPR RI Anita Jacoba Gah mengkritik Menteri Nadiem Makarim. (tangkapan layar/ist)

Pendidikan Anita Jacoba Gah

Pendidikan Anita Jacoba Gah yakni dari di SD Negeri I Bonipoi, tahun 1981-1988. Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan SMP di di SMP Negeri 1 Kupang, periode tahun 1988-1991. Untuk SMA, Anita Jacoba Gah bersekolah di SMU Negeri 46 pada tahun 1991-1994.

Saat lulus, Anita Jacoba Gah tidak langsung mengambil S1, ia mengambil Diploma III di Sekolah Tinggi Teologia (STT) Jakarta sampai 1997. Kemudian, ia baru mengambil S1 pada 2004 jurusan ekonomi, di STIENI Jakarta dan lulus pada 2008.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #viral #debat #rapat #latar #belakang #pendidikan #nadiem #makarim #anita #jacoba

KOMENTAR