Stop Permisif! Arumi Bachsin Bagikan Tips Konsisten Batasi Gadget Pada Anak
Arumi Bachsin Bicara Pembatasan Gadget Pada Anak (Suara.com/Dinda Rachmawati)
08:31
6 Juni 2024

Stop Permisif! Arumi Bachsin Bagikan Tips Konsisten Batasi Gadget Pada Anak

Gawai atau gadget memang memberikan banyak manfaat untuk perkembangan anak. Namun di sisi lain, jika digunakan secara berlebihan, teknologi satu ini juga bisa membawa dampak buruk untuk si Kecil. 

Tak heran jika sebagai orangtua, kita harus berperan dalam mengawasi penggunaan gadget pada anak. Termasuk Arumi Bachsin, artis yang juga merupakan istri wakil gubernur Jawa Timur, Emil Dardak. 

Arumi Bachsin sendiri memiliki tips tersendiri agar anaknya memiliki aturan soal gadget dan tidak menggunakannya secara berlebihan. Wanita berusia 30 tahun ini menyebut jika sebagai orangtua, kita harus memiliki sikap yang tegas pada anak.

"Pertama, inget kalau saya orang tuanya. Tugasnya saya membimbing, ayo jangan takut sama anaknya, gitu ya," ujarnya saat ditemui dalam acara SGM Meluncurkan Program Dana Pendidikan, di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Baca Juga: 6 Poin Penting UU KIA yang Resmi Disahkan, Ibu Hamil dan Ayah Dapat Tambahan Cuti Melahirkan

Menurutnya, kebanyakan orangtua jika sudah berhadapan dengan anak, kebanyakan permisifnya. Sehingga seringkali anak tak paham mengenai aturan yang telah diterapkan. 

Selain itu kata Arumi Bachsin mengatakan jika cobalah mengenakan teknik penyampaian yang tepat pada anak. Apalagi kata dia, untuk hal-hal serius yang berhubungan dengan aturan. 

"Kakak, ini 5 menit lagi, berhenti gadgetnya ya. Udah waktunya tidur. Nanti 5 menit dilingatkan, terus diambil sampai kadang-kadang si kakaknya sendiri baru sempet engeuh gitu. Atau merasa terancam, karena cara kita menyampaikannya itu tidak seperti dia sedang mengancam," pungkasnya. 

Terakhir, jika ini merupakan aturan, maka lakukan dengan konsisten kata Arumi Bachsin yang telah memiliki tiga orang anak. Sehingga anak paham jika orangtuanya sudah mengatakan hal tersebut, tak ada lagi ruang untuk negosiasi.

Pasalnya menurut Arumi Bachsin, anak-anak yang suka tantrum saat meminta sesuatu memang tengah berusaha untuk membuat orangtuanya merasa goyah akan aturan yang telah dibuatnya.

Baca Juga: Arina Winarto Anak Siapa? Bergelimang Harta Bangun Perusahaan Bareng Tiko Aryawardhana Berujung Dikhianati

Saat orangtua menjadi permisif akibat negosiasi yang dilakukan, maka hal tersebut akan selalu dimanfaatkan oleh anak. Jadi bukan hanya anak yang paham mengenai aturannya, orangtua pun juga perlu menaati aturan yang telah dibuatnya. 

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #stop #permisif #arumi #bachsin #bagikan #tips #konsisten #batasi #gadget #pada #anak

KOMENTAR