Inspirasi Liburan Ala Artis, Ini Tips Traveling dengan Campervandi Selandia Baru
Traveling dengan Campervan di Selandia Baru (Tourism New Zealand)
08:27
6 Juni 2024

Inspirasi Liburan Ala Artis, Ini Tips Traveling dengan Campervandi Selandia Baru

Salah satu cara populer untuk menjelajahi Selandia Baru adalah dengan menyewa campervan, atau mobil rumah. Liburan sambil mengendarai campervan ini pernah dilakukan beberapa artis saat mengunjungi Selandia Baru, seperti Ringgo Agus Rahman, Ayudia Bing Slamet, Tara Budiman, dan masih banyak lagi.

Mengendarai campervan memang jadi cara yang luar biasa untuk menjelajahi dan menikmati pemandangan spektakuler di Selandia Baru. Namun sebelum memutuskan untuk ikutan tren liburan ala artis ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui, mulai dari cara memesan, memilih jenis campervan, aturan berkendara di Selandia Baru, hingga lokasi berkemah. Simak tips berikut yang dibagikan oleh Tourism New Zealand.

Cara Memesan Campervan 

Anda bisa memesan campervan melalui agen perjalanan lokal, situs web operator penyewaan campervan, situs web maskapai penerbangan, atau situs web agen perjalanan online pihak ketiga. 

Baca Juga: Tragis! Melanie Tewas saat Liburan ke Lombok, Mayatnya Masuk Jurang

Anda bisa membandingkan berbagai penawaran yang ada dan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan bujet. Anda bisa pilih apakah ingin menyewa campervan mewah dengan armada premium menggunakan kendaraan yang lebih baru dan berspesifikasi tinggi, campervan kelas menengah dengan armada yang lebih bervariasi, atau campervan beranggaran rendah yang berukuran lebih kecil.

Untuk memastikan ketersedian campervan, Anda disarankan untuk memesan lebih awal. Terutama di bulan-bulan di musim panas, Anda sebaiknya memesan sejak 6 sampai 9 bulan sebelum keberangkatan.

Perlu diketahui juga bahwa sebagian besar operator campervan memiliki durasi sewa minimum setidaknya 5 malam, jadi Anda perlu merencanakan penerbangan dan jadwal perjalanan agar sesuai dengan durasi penyewaan kendaraan.

Dan yang tak kalah penting, selalu periksa kontrak dengan cermat dan pastikan Anda memahami sepenuhnya syarat dan ketentuan sebelum menandatangani. Perhatikan kemungkinan adanya biaya tambahan yang mungkin tidak dijelaskan dengan lengkap.

Tips Penting Saat Berkendara

Baca Juga: 3 Tas Mewah Anya Geraldine saat Liburan ke Jepang, Semua dari Merek Berbeda

Mengemudi di Selandia Baru bisa menjadi petualangan yang menyenangkan. Tapi Anda perlu tahu beberapa tips untuk menjaga keselamatan dan keamanan selama berkendara.

Salah satu yang penting diingat adalah, selalu mengemudi dari sisi sebelah kiri jalan! Aturan ini merupakan dasar yang harus diingat saat mengemudi di Selandia Baru.

Kemudian pastikan juga untuk selalu memasang sabuk pengaman dan pastikan semua penumpang juga mengenakannya dengan aman. Jika Anda bepergian dengan anak-anak, wajib menggunakan kursi pengaman anak sesuai standar untuk keamanan mereka. 

Kemudian, apabila terdapat kejadian darurat, segera menghubungi Layanan Darurat 111 untuk polisi, pemadam kebakaran, dan ambulans, serta 105 untuk Layanan Darurat Non-Urgensi termasuk polisi.

Aturan Berkemah

Aturan berkemah menggunakan campervan umumnya ditetapkan oleh pemerintah setempat dan dapat bervariasi di seluruh Selandia Baru. Anda tidak diizinkan untuk berkemah di mana saja sesuka Anda. Jika Anda berkemah di tenda atau kendaraan saat bepergian melalui Selandia Baru, selalu lebih baik berkemah di tempat kemah resmi yang ditetapkan.

Tourism New Zealand merekomendasikan untuk mengunduh Aplikasi Rankers atau Campermate untuk menemukan tempat berkemah di seluruh Selandia Baru. 

Selandia Baru saat ini memiliki 13 taman nasional dan lebih dari lima juta hektar tanah yang dilindungi di taman dan cagar alam. Taman nasional ini memiliki lebih dari 250 area berkemah yang dapat diakses oleh campervan yang dikelola oleh Departemen Konservasi (DOC).

Yang menarik, lebih dari 160 tempat berkemah DOC berada di hutan, tepian danau, dan pantai berpasir yang dapat diakses oleh campervan, serta yang paling penting: dilengkapi dengan toilet!

Nah, untuk memastikan ketersediaan lokasi berkemah ini dan menghindari kekecewaan, Anda dapat memesan dan mengamankan pemesanan penginapan di situs web berikut https://bookings.doc.govt.nz/web/ 

Editor: Vania Rossa

Tag:  #inspirasi #liburan #artis #tips #traveling #dengan #campervandi #selandia #baru

KOMENTAR