5 Tips Belajar Untuk Persiapan UAS, Gak Cuma Perlu Hafalkan Pelajaran Lho
Ilustrasi belajar (Pexels.com/Andrea Piacquadio)
16:17
3 Juni 2024

5 Tips Belajar Untuk Persiapan UAS, Gak Cuma Perlu Hafalkan Pelajaran Lho

Sejumlah siswa akan segera menjalani Ujian Akhir Semester (UAS) pada pekan depan, 5-14 Juni 2024. UAS tentu jadi momen krusial bagi siswa karena akan jadi penentu kenaikan ke jenjang berikutnya. Menyadari bahwa setiap orang memiliki cara belajar yang unik, menemukan metode belajar paling cocok menjadi penting untuk bisa mencapai hasil yang maksimal.

Selama mempersiapkan diri untuk menghadapi pekan ujian, penting juga untuk mengetahui metode belajar yang efektif dan tips agar bisa mendapatkan nilai yang memuaskan. Berikut beberapa tips dari Kahoot! yang bisa dijadikan panduan belajar untuk meraih hasil yang maksimal.

1. Manfaatkan waktu semaksimal mungkin

Ilustrasi belajar (Pexels.com/Andrea Piacquadio)Ilustrasi belajar (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu tips penting yang harus dilakukan dengan menggunakan waktu sebaik-baiknya dan membuat jadwal belajar harian. Antara kamu lebih suka membuat to do list atau membuat jadwal sesi belajar yang detail dan terstruktur, menemukan metode yang sesuai dengan kebiasaan kamu adalah kuncinya. Dengan menerapkan jadwal yang teratur dan terarah, kamu akan menghadapi masa-masa sibuk ini dengan lebih efektif dan tidak terlalu terbebani.

Baca Juga: Mahasiswa Filipina Pilih Indonesia Sebagai Destinasi Belajar Terapi Mata

Flash card menjadi salah satu hal yang bisa bantu memaksimalkan waktu belajar. Kamu dapat membuat flash card digital yang bisa diakses melalui ponsel sehingga bisa dibawa dan digunakan sebagai bahan belajar saat kamu dalam perjalanan ke sekolah, atau saat kamu sedang bermain di mall. 

2. Ketahui kekuatan dan kelemahan dalam pelajaran

Musim ujian bisa jadi sangat melelahkan. Faktanya juga bahwa kapasitas otak manusia terbatas. Maka dari itu, memahami kekuatan dan kelemahan dalam pelajaran menjadi penting untuk bisa memaksimalkan efektivitas persiapan ujian. Fokuslah pada mata pelajaran yang kamu kuasai dan alokasikan lebih banyak waktu untuk mata pelajaran yang kurang dikuasai, namun bisa ditingkatkan.

Hindari membuang terlalu banyak waktu untuk materi yang terlalu sulit untuk dikuasai. Sebaliknya, tetapkan target yang realistis dan buatlah prioritas dengan bijak untuk menghemat waktu dan energi.

3. Buat belajar jadi lebih menyenangkan

Baca Juga: 3 Penyebab yang Mungkin Terjadi Jika Tulang Belikat Sering Terasa Sakit

Melakukan aktivitas yang menyenangkan biasanya akan memberikan hasil yang lebih baik, begitu juga dengan belajar. Kamu dapat membuat sesi belajar lebih menyenangkan dengan menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis game seperti Kahoot!. Akun Kahoot!+ Max dapat membuka berbagai fitur belajar yang lebih canggih, seperti mode latihan dengan
modul yang sudah tersedia dan konten yang mudah digunakan untuk menguasai mata pelajaran apa pun.

Lewat Kahoot!+ Max, kamu dapat memperkaya pengalaman belajar dengan membuat kuis menggunakan AI question generator dan berlatih dengan cara yang menyenangkan serta disesuaikan kebutuhan.

4. Belajar bersama teman

Belajar bersama teman dapat membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan memberikan dukungan emosional serta kesempatan untuk berbagi wawasan. Kelompok belajar kolaboratif dengan Kahoot! dapat mengubah sesi belajar biasa menjadi pengalaman belajar yang menarik dan produktif. Meskipun belajar bersama saja sudah cukup baik, namun berinisiatif untuk membentuk kelompok belajar dapat meningkatkan pengalaman dan produktivitas. 

5. Jangan lupa Istirahat

Belajar dan mempersiapkan diri untuk ujian memang penting, tapi memastikan waktu istirahat selama sesi belajar juga penting untuk menjaga fokus dan fungsi kognitif yang optimal. Jangan remehkan kekuatan istirahat dan relaksasi. Menyisipkan waktu istirahat, tidur yang cukup, dan sesekali bermain di tengah-tengah sesi belajar dapat mencegah penat dan bantu diri mencapai performa terbaik pada hari ujian.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #tips #belajar #untuk #persiapan #cuma #perlu #hafalkan #pelajaran

KOMENTAR