Jarang Diketahui, Ini Kekurangan Haji Furoda seperti yang Dipilih Raffi Ahmad dan Rombongan
Raffi Ahmad boyong keluarga dan karyawan berangkat haji [Instagram/@rieta_amilia]
15:15
28 Mei 2024

Jarang Diketahui, Ini Kekurangan Haji Furoda seperti yang Dipilih Raffi Ahmad dan Rombongan

Raffi Ahmad terpilih menjadi salah satu jemaah haji yang berangkat tahun 2024. Tidak sendirian, Raffi Ahmad mengajak keluarga dan beberapa karyawan Rans Entertainment dalam ibadah haji ini.

Kekinian diketahui bahwa Raffi Ahmad dan rombongan berangkat haji menggunakan program haji furoda. Program ini memungkinkan calon jemaah berangkat haji tanpa harus menunggu bertahun-tahun.

Oleh karena itu Raffi Ahmad bersama rombongan bisa langsung menunaikan ibadah haji tahun ini tanpa antre seperti jemaah haji reguler. Mereka pun akan mendapatkan fasilitas mewah selama haji nanti.

Raffi Ahmad sendiri berangkat haji melalui jasa travel Jana Madinah Wisata. Presenter berdarah Sunda itu memilih Haji Furoda Luxury yang harganya dimulai dari Rp509,3 juta per orang.

Baca Juga: Raffi Ahmad Rela Bayar Mahal demi Bisa Haji tanpa Antre, Netizen: Indah Banget kalau Banyak Uang

Raffi Ahmad dan Dico Ganinduto di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa (28/5/2024). (Suara.com/Adiyoga Priyambodo)Raffi Ahmad dan Dico Ganinduto di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa (28/5/2024). (Suara.com/Adiyoga Priyambodo)

Tapi di samping segala kelebihannya, haji furoda memiliki beberapa kekurangan yang mungkin jarang diketahui publik. Apa saja kekurangan haji furoda seperti yang dipilih oleh Raffi Ahmad? Simak ulasan berikut ini.

1. Ketidakpastian Keberangkatan

Merangkum dari hajifuroda.id, salah satu kekurangan program haji furoda adalah ketidakpastian keberangkatan. Hal ini karena keberangkatan jemaah haji furoda sepenuhnya menjadi wewenang pemerintah Arab Saudi.

2. Visa Belum Tentu Diterima

Jemaah haji furoda berangkat ke Tanah Suci menggunakan visa khusus yang diterbitkan oleh pemerintah Arab Saudi melalui kedutaan besar mereka di Indonesia. Sejauh ini tidak ada kepastian visa haji furoda seseorang pasti lolos.

Baca Juga: Keluarga Raffi Ahmad Jalani Manasik Haji, Keberadaan Syahnaz Sadiqah Dicari-cari Netizen

"Tidak ada kepastian yang bisa menjamin apakah setiap Visa yang diajukan pasti diterima apa tidak," bunyi keterangan di laman hajifuroda.id, dikutip pada Selasa (28/5/2024).

Momen Raffi Ahmad dan Rombongan RANS Family Ikuti Manasik Haji (Instagram)Momen Raffi Ahmad dan Rombongan RANS Family Ikuti Manasik Haji (Instagram)

3. Visa Haji Furoda Terbitnya Lama

Benar memang jemaah haji furoda bisa berangkat tanpa menunggu lama. Tapi visa haji furoda lama terbitnya. Berbagai sumber menyebutkan bahwa visa haji furoda bisa saja terbit paling lambat 7 hingga 10 hari sebelum wukuf Haji.

4. Biaya Mahal dan Bisa Berubah Sewaktu-waktu

Dengan segala kelebihannya, biaya haji furoda jauh lebih mahal dari haji reguler. Bagi mereka yang punya banyak uang, hal ini bukan sebuah masalah. Tapi untuk rakyat biasa, biaya mahal akan menjadi penghalang cukup besar.

Biaya haji furoda yang pada dasarnya sudah mahal juga bisa berubah sewaktu-waktu karena berbagai hal. Oleh karena itu, calon jemaah haji furoda sebaiknya menyiapkan cadangan dana untuk situasi ini.

Itu dia sejumlah kekurangan haji furoda dirangkum dari berbagai sumber. Kendati begitu, program haji yang satu ini selalu banyak peminatnya mengingat tidak adanya waktu tunggu untuk berangkat ke Tanah Suci.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #jarang #diketahui #kekurangan #haji #furoda #seperti #yang #dipilih #raffi #ahmad #rombongan

KOMENTAR