Isra Miraj 2024 Tanggal Berapa? Catat Jadwal Liburan Panjang
Ilustrasi kalender - Isra Miraj 2024 Tanggal Berapa? Catat Jadwal Liburan Panjang (Pexels)
17:36
17 Januari 2024

Isra Miraj 2024 Tanggal Berapa? Catat Jadwal Liburan Panjang

Untuk umat Islam, bulan Februari 2024 menjadi salah satu bulan yang dinantikan. Bukan hanya karena selangkah lebih dekat dengan bulan Ramadhan, namun juga tibanya Isra Miraj. Tapi sebenarnya Isra Miraj 2024 tanggal berapa ya?

Isra Miraj sendiri merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Masjid Al-Aqsa, kemudian diangkat ke langit ketujuh untuk menerima perintah salat lima waktu dari Allah SWT. Peristiwa ini sendiri pada kalender Hijriah terjadi pada bulan Rajab, tahun kesepuluh setelah kenabian.

Perayaan Isra Miraj di Berbagai Daerah

Perjalanan bersejarah Nabi Muhammad SAW ini kemudian diperingati dengan Isra Miraj. Setiap tahun, berbagai acara dilangsungkan dalam peringatan hari bersejarah ini, yang tentu saja tidak lepas dari nilai-nilai keislaman.

Beberapa kegiatan yang umum dilangsungkan antara lain adalah pengajian, tausiah, hingga berbagai perlombaan dengan meriah namun tetap khidmat. Acara ini diselenggarakan di berbagai lokasi dan tingkat, sehingga menjadikan Isra Miraj salah satu peringatan yang dinantikan banyak orang.

Lalu Isra Miraj 2024 Tanggal Berapa?

Jika pertanyaannya adalah seputar kapan Isra Miraj 2024 tiba, maka jawaban singkatnya adalah pada tanggal 8 Februari 2024 mendatang, tempatnya di hari Kamis. Isra Miraj 2024 sendiri masuk dalam agenda yang ada di SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024.

Hari peringatan ini menjadi salah satu hari libur nasional yang telah diagendakan pada SKB tersebut, sehingga menjadi tanggal merah di tengah minggu yang dinantikan banyak orang. Tidak heran jika banyak dipertanyakan dan dicari tahu informasinya.

Meski jatuh pada hari Kamis dan menjelang akhir pekan, tidak ada konfirmasi mengenai cuti bersama dalam rangka Isra Miraj 2024 ini. Namun demikian ada kabar gembira lain yang mungkin akan membuat Anda lebih menikmati akhir pekan yang Anda miliki.

Cuti Bersama dalam Rangka Imlek

Isra Miraj 2024 jatuh berdekatan dengan Tahun Baru Imlek. Jika Isra Miraj jatuh di tanggal 8 Februari 2024, Tahun Baru Imlek jatuh pada tanggal 10 Februari 2024. Tanggal 9 Februari kemudian ditetapkan sebagai hari cuti bersama, sehingga terdapat long weekend pada Februari 2024 ini.

Tidak lama kemudian tanggal 14 Februari 2024 juga akan dilakukan pemungutan suara Pemilihan Umum 2024, yang juga menjadi jadwal libur nasional.

Itu tadi sekilas tentang Isra Miraj 2024 tanggal berapa dan apakah ada libur dalam rangka perayaan ini atau tidak. Semoga berguna, dan selamat melanjutkan kegiatan Anda berikutnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #isra #miraj #2024 #tanggal #berapa #catat #jadwal #liburan #panjang

KOMENTAR