Profil Pandji Pragiwaksono: Ajak Aksi Kamisan, Eh Akun Twitter 'Aksi Kamisan' Hilang
Pandji Pragiwaksono (Instagram/pandji.pragiwaksono)
16:04
17 Januari 2024

Profil Pandji Pragiwaksono: Ajak Aksi Kamisan, Eh Akun Twitter 'Aksi Kamisan' Hilang

Komika Pandji Pragiwaksono menjadi salah satu komika yang gencar mengikuti aksi-aksi perjuangan hak asasi manusia (HAM). Menjelang peringatan 17 Tahun Aksi Kamisan, Pandji mengajak masyarakat untuk menggelar Aksi Kamisan di Istana.

Namun, menjelang Aksi Kamisan, akun Twitter @aksikamisan justru hilang. Sampai berita ini diterbitkan, masih belum diketahui mengapa dan oleh siapa akun tersebut hilang.

Sebagai informasi, setiap tahunnya, Pandji memang rajin mengikuti peringatan Kamisan. Menurutnya, Kamisan bukan hanya sekedar aksi dari para anggota keluarga korban pelanggaran HAM, melainkan sudah menjadi simbol perjuangan mencari kebenaran di Indonesia.

Lantas, seperti apakah profil dan biodata Pandji Pragiwaksono yang ajak Aksi Kamisan di Istana? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Profil Pandji Pragiwaksono

Para penggemar stand up comedy pasti mengenal dengan baik siapa Pandji Pragiwaksono. Ia merupakan salah satu founding fathers atas populernya stand up comedy di Tanah Air.

Selain itu, ia juga mengadakan stand up comedy world our menyambangi 4 benua yaitu Asia, Australia, Eropa, dan Amerika.

Tak hanya dikenal sebagai stand up comedian, Pandji juga merupakan seorang seniman yang multitalenta mulai dari penyiar radio, penulis buku, host, aktor, rappers, dan sutradara.

Menjadi seorang penyiar adalah pintu untuk ayah dua anak ini di dunia hiburan. Ia pernah memandu acara seperti Crush Ball, Kena Deh, siaran langsung NBA di Jaktv, Hole In The Wall, dan Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV.

Kariernya semakin membentang saat ditunjuk menjadi pemandu acara bersama Raditya Dika di Stand Up Comedy Indonesia season pertama. Bahkan, beberapa tahun kemudian ia diangkat untuk menjadi juri tetap.

Pandji sendiri lahir dari keluarga yang ekonominya berkecukupan. Ia pernah tinggal di Singapura saat balita. Di umur yang ke-5 tahun, ia dan keluarganya pindah ke Jakarta, lalu menetap di kawasan elite yaitu di Jalan Simprug Golf.

Pandji menyelesaikan pendidikan sekolah dasarnya di SD Triguna yang bisa dibilang merupakan sekolah elite. Namun sayang, kehidupannya berubah setelah perusahaan ayahnya bangkrut. Ditambah dengan perceraian orang tuanya saat ia hendak masuk ke bangku SMP.

Meski demikian, Pandji tetap melanjutkan pendidikannya di SMPN 29 Jakarta dengan pembiasan yang berbeda. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan ke SMA Kolese Gonzaga dan mulai menemukan minatnya pada bidang olahraga basket.

Meskipun ia menganut agama Islam, Pandji tetap bersemangat dan berusaha sebaik mungkin di sekolah yang mayoritas agamanya Kristen tersebut.

Setelah itu, Pandji melanjutkan pendidikannya ke Institut Teknologi Bandung (ITB). Suami dari Gamila ini mengambil jurusan desain produk selama 4,5 tahun berkuliah di ITB. Pada titik inilah bibit-bitit kecintaan pada seni rupa dan seni panggung stand up comedynya muncul.

Pandji memulai karirnya sebagai seorang penyiar radio di Hard Rock FM Bandung bersama dengan pasangan duetnya yaitu Tike Priatnakusumah selama dua tahun.

Kemudian ia pindah ke Jakarta untuk menjadi seorang penyiar di Hard Rock FM Jakarta selama 5 tahun. Dunia penyiar tersebut kemudian membuka pintu Pandji untuk menjadi seorang presenter.

Ia mengawali karir sebagai seorang presenter di acara Crush Ball yang merupakan program teman semasa kuliahnya. Acara tersebut berhasil mengantar Pandji untuk bisa ikut casting dalam program TV yang membuatnya terkenal yaitu Kena deh. Sejak saat itulah Pandji mulai dikenal oleh masyarakat banyak sampai saat ini.

Biodata Pandji Pragiwaksono

Nama: Pandji Pragiwaksono Wongsoyudo

Tanggal Lahir: 18 Juni 1979

Tempat Lahir: Singapura

Agama: Islam

Pendidikan: Institut Teknologi Bandung (ITB)

Pekerjaan: Aktor, pelawak tunggal, pembawa acara, penyiar radio, penulis, rapper, YouTuber, dan sutradara.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #profil #pandji #pragiwaksono #ajak #aksi #kamisan #akun #twitter #aksi #kamisan #hilang

KOMENTAR