7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Gigi, Salah Satunya Mengunyah Permen Karet Bebas Gula
Ilustrasi mengunyah permen karet (Freepik)
20:40
18 Mei 2024

7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Gigi, Salah Satunya Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

 Semua orang tentu saja ingin memiliki gigi yang sehat.

Namun, tidak semua orang menjaga gigi dengan baik. Padahal, terdapat beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan gigi.

Salah cara yang bisa dilakukan adalah mengunyah permen karet bebas gula.

Bagaimana dengan cara lainnya yang bisa dilakukan agar gigi tetap sehat?

Dikutip dari Brightside.me, Sabtu (18/5), simak beberapa cara sederhana menjaga kesehatan gigi.

1. Rawat Sikat Gigi dan Gantilah secara Teratur


Memilih sikat gigi berukuran kecil atau sedang dengan bulu yang dapat menjangkau sela-sela gigi sangatlah penting.   Selain itu, kamu juga disarankan untuk tidak menggunakan penutup sikat gigi karena hal itu dapat menjadi sarang bakteri.

Setelah menggunakan sikat gigi, cukup bilas sikat gigi dengan air dan biarkan mengering. Tak hanya itu, kamu juga harus menjauhkan sikat gigi dari toilet untuk menghindari perpindahan kuman.

Ingat, ganti sikat gigimu secara teratur, terlebih saat bulu sikat sudah mulai rusak. Hal ini membuat sikat gigi menjadi kurang efektif dalam membersihkan gigimu.  



2. Kunjungi Dokter Gigi Dua Kali Setahun


Mengunjungi dokter gigi dapat membantumu mencegah masalah gigi, termasuk gigi berlubang. Meskipun rajin menggosok gigi, tetapi terdapat beberapa titik pada gigi dan mulut yang sulit dijangkau.

Dokter gigi akan menangani area yang sulit dijangkau tersebut, termasuk di dekat garis gusi depan maupun belakang untuk menghilangkan penumpukan plak dan karang gigi. Usahakan untuk menjadwalkan kunjungan ke dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun.

3. Mengubah Pola Makan


Mengubah pola makan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk gigi. Sebuah studi dari The British Medical Journal mengungkapkan bahwa mengubah pola makan dapat mencegah kerusakan gigi.

Seperti yang kita tahu bahwa mengonsumsi makanan manis dapat menyebabkan masalah gigi. Namun, mengubah kebiasaan makan dapat menghilangkan masalah tersebut.

Makanan yang mengandung banyak kalsium dapat berperan penting dalam membangun tulang dan gigi yang kuat. Untuk itu, kamu dapat mengonsumsi produk yang mengandung susu, yogurt, krim asam, dan keju ke dalam asupan makananmu.

Selain itu, kamu juga harus mengurangi jus dan minuman bersoda. Konsumsi lebih banyak smoothie buah atau teh tanpa pemanis. Mengonsumsi air juga sangat bagus untuk membantu hidrasi dan meningkatkan aliran air liur yang baik untuk tubuh dan gigi.

4. Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Peran air liur sangat penting dalam membersihkan makanan dan bakteri dari gigi. Namun, mineral dalam pasta gigi dapat hilang karena air liur yang bersifat masam. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan gigi dan masalah gusi.

Sebagai informasi, mengunyah permen karet bebas gula dapat meningkatkan produksi air liur dengan pH netral hingga menyeimbangkan keasaman mulut serta menjaga gigi dan gusi. Permen karet dengan xylitol terbukti membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

Selain itu, permen karet bebas gula dapat mempererat email gigi sehingga lebih tahan terhadap asam pemicu gigi berlubang. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur, menawarkan fluorida alami yang memperkuat enamel, dan membantu menjaga kebersihan gigi dengan mencegah penumpukan makanan.

5. Menghilangkan Batu Amandel

Meskipun batu amandel tidak berbahaya, tetapi hal ini dapat menyebabkan bau mulut. Sebagai informasi, batu amandel merupakan bakteri dan kotoran yang terbentuk pada celah amandel, mulai dari potongan kecil yang lunak hingga batu yang lebih besar dan mengeras.

Meskipun biasanya tidak berbahaya, dalam beberapa kasus dapat menyebabkan infeksi. Untuk mencegahnya, cobalah rutin menggunakan obat kumur non-alkohol untuk mengurangi bakteri di mulut dan rutin membersihkan gigi dengan benang.

6. Konsumsi Suplemen dan Vitamin

Vitamin berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi. Pilihlah makanan yang mengandung gandum utuh yang kaya vitamin B, zat besi, dan magnesium yang membantu penyerapan kalsium dan memperkuat gigi. Selain itu, tingkatkan asupan vitamin D dengan mengonsumsi makanan laut seperti salmon, herring, tuna, dan mackerel.

7. Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat melindungi gigi dari kerusakan. Kamu cukup mengoleskan satu sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut selama 20 menit untuk mengeluarkan bakteri. Ingat, minyak kelapa tersebut jangan sampai tertelan.

Meskipun tidak memperbaiki kerusakan gigi, tetapi cara ini dapat membantu mencegah gigi berlubang. Menggabungkan cara ini dengan menyikat gigi secara teratur dapat memberikan dampak dua kali lebih besar dalam menjaga kesehatan mulut.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cara #sederhana #menjaga #kesehatan #gigi #salah #satunya #mengunyah #permen #karet #bebas #gula

KOMENTAR