10 Tips dan Cara Memilih Bus Pariwisata untuk Meminimalisir Kecelakaan
Ilustrasi Bus Pariwisata - Cara Memilih Bus Pariwisata (Freepik)
09:03
14 Mei 2024

10 Tips dan Cara Memilih Bus Pariwisata untuk Meminimalisir Kecelakaan

Kecelakaan maut yang menimpa bus pariwisata kembali terjadi. Kali ini bus berpenumpang puluhan pelajar SMK Lingga Kencana, Depok, Jawa Barat mengalami rem blong ketika melewati Jalan Raya Desa Palasari, Subang, pada Sabtu (11/5/2024) sore. Sebanyak 11 orang dinyatakan menimggal dunia di lokasi kejadian. 

Berdasarkan hasil penelusuran, bus Trans Putra Fajar AD 7524 OG tersebut tidak terdaftar dan KIR-nya sudah mati pada 6 Desember 2023 lalu. Menurut data BLUe, bus ini adalah milik dari PT Jaya Guna Hage. Diduga bus tersebut armada AKDP (Angkutan Kota Dalam Provinsi) yang berasal dari Baturetno - Wonogiri. Diperkirakan, bus ini telah berusia 18 tahun lalu dijual kembali dan dijadikan bus pariwisata. 

Cara Memilih Bus Pariwisata 

Dari peristiwa ini masyarakat diharap untuk selektif dalam memilih armada bus pariwisata. Nah, di bawah ini terdapat beberapa cara memilih bus pariwisata yang baik dan sesuai standar untuk meminimalisir kecelakaan hingga membuat Anda nyaman selama di perjalanan. 

1. Pertimbangkan Ukuran dan Kondisi Bus 

Sebelum memilih bus pariwisata, pertimbangkan terlebih dahulu jumlah orang dalam rombongan serta bagasi untuk barang bawaan. Pilihlah bus dengan kapasitas yang sesuai agar tak terlalu sempit maupun kelebihan muatan. 

Bus pariwisata dengan kapasitas yang sesuai akan membuat perjalanan lebih nyaman dan aman karena penumpang tidak merasa sesak. Selain itu, pastikan pula kondisi bus dalam keadaan baik untuk menghindari masalah teknis selama melakukan perjalanan. 

2. Pastikan Fasilitas Bus Lengkap 

Cara memilih bus pariwisata selanjutnya, pastikan fasilitas bus lengkap. Sehingga dapat meningkatkan kenyamanan selama perjalanan. Periksa kembali apakah bus dilengkapi dengan AC, toilet, reclining seats, APAR dan fasilitas penunjang lainnya. 

3. Cek Legalitas dan Reputasi Perusahaan Penyewaan 

Sebelum memutuskan untuk menyewa bus pariwisata, pastikan terlebih dahulu perusahaan penyewa mempunyai legalitas yang jelas dan reputasi yang baik. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari penipuan atau masalah lain yang mungkin terjadi selama perjalanan.  

4. Pertimbangkan Biaya Sewa 

Bandingkan kembali harga sewa dari beberapa perusahaan dan pilih yang sesuai dengan budget serta kebutuhanmu. Jangan tergiur dengan diskon atau harga murah tanpa mempertimbangkan faktor lain seperti halnya fasilitas dan kondisi bus. 

5. Sopir yang Berpengalaman 

Pastikan jika perusahaan penyewa menyediakan sopir yang sudahbberpengalaman dan mempunyai pengetahuan tentang rute yang akan ditempuh agar terhindar dari jalan yang rusak atau tersesat. 

6. Pahami Ketentuan dan Kebijakan Sewa Bus 

Sebelum memutuskan untuk menyewa bus, pastikan bila Anda memahami semua ketentuan dan kebijakan yang ada, termasuk pembatalan, dp bus, penggantian bus, rute alternatif dan lain-lain. 

7. Pilih penyedia Layanan 24/7 

Pilih perusahaan penyewaan bus yang memiliki layanan pelanggan aktif selama 24/7. Hal ini akan sangat membantu jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala selama perjalanan. 

8. Lihat Review dan Testimoni 

Cari informasi tentang review dan testimoni dari pelanggan sebelumnya mengenai perusahaan penyewaan bus tersebut. Cara ini dilakukan untuk mengetahui gambaran tentang kualitas layanan yang ditawarkan oleh perusahaan penyewa bus pariwisata. 

9. Pilih Perusahaan Sewa Bus Pariwisata dengan Layanan Purna Jual yang Baik 

Pastikan bila perusahaan sewa bus pariwisata menawarkan layanan purna jual yang sangat baik, seperti layanan pengaduan, bantuan dalam hal-hal teknis, dan lain-lain. Layanan ini berguna jika Anda mengalami masalah selama atau setelah perjalanan. 

10. Pertimbangkan Fasilitas Hiburan 

Jika Anda telah merencanakan perjalanan yang cukup lama, pertimbangkan bila bus pariwisata dilengkapi dengan fasilitas hiburan, seperti TV, pemutar DVD, karaoke atau sistem hiburan lainnya.

Fasilitas hiburan tersebut daoat membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan menghibur. Anda bisa menonton film, mendengarkan musik, atau mengadakan sesi karaoke di dalam bus untuk membuat perjalanan tidak membosankan. 

Dengan mempertimbangkan cara di atas, Anda bisa membuat keputusan yang tepat dalam menyewa bus pariwisata. Pastikan bila Anda memilih bus yang nyaman, aman, dan bisa memenuhi semua kebutuhan selama perjalanan Anda.  

Nah, itu tadi cara memilih bus pariwisata yang baik dan sesuai standar untuk meminimalisir kecelakaan hingga membuat Anda nyaman selama di perjalanan. Selamat merencanakan perjalanan Anda! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #tips #cara #memilih #pariwisata #untuk #meminimalisir #kecelakaan

KOMENTAR